IDWS.ID

Bola Internasional

Maroko Cetak Sejarah Lolos ke Semifinal Piala Dunia, Inggris Tersingkir Oleh Prancis

11 Dec 2022

Pertandingan perdelapan final Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB menyajikan kejutan besar di mana Portugal disingkirkan oleh kuda hitam Maroko.

IDWS, Minggu, 11 Desember 2022 - Maroko mengalahkan Cristiano Rolando cs dengan skor tipis 1-0 lewat gol semata wayang Youssef En-Nesyri di menit 42. Kemenangan atas Portugal tersebut membuat Maroko mencetak rekor baru yakni negara dari Benua Afrika dengan pencapaian tertinggi dalam sejarah Piala Dunia, yakni babak semifinal. Maroko berhasil melampaui rekor negara-negara Afrika lainnya yang hanya mentok di babak perdelapan final seperti Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

 

Momen pemain Timnas Maroko Youssef En-Nesyn (nomro 19) menjebol gawang Portugal pada babak perdelapan final Piala Dunia 2022 hari Sabtu (10/12/2022) WIB. (Foto: detikcom/Getty Images/Francois Nel)

Tak hanya itu, Maroko juga menorehkan catatan apik yakni tidak pernah kebobolan di waktu pertandingan normal dalam empat laga terakhirnya di Piala Dunia Qatar. Skuad asuhan Walid Regragui itu hanya kebobolan di pertandingan perdana Grup F, tepatnya saat menekuk Kanada dengan skor 2-1. Selebihnya mereka berhasil menjaga gawang kiper Bono tetap perawan saat melawan Belgia (2-0), Kroasia (0-0), Spanyol (0-0), dan Portugal (1-0).

 

Prancis kalahkan Inggris

Di sisi lain, juara bertahan Prancis berhasil menyingkirkan Inggris dengan skor tipis 2-1. Prancis unggul lebih dulu lewat tendangan jarak jauh dari Aurelien Tchouameni di menit 17 sebelum kemudian disamakan oleh Harry Kane pada menit 54 lewat titik putih.

Striker kawakan Prancis yang membela AC Milan, Oliver Giroud, mencetak gol kedua Prancis di menit 78 lewat sundulan akurat menerima umpan dari Antoine Griezmann. Inggris sebenarnya punya kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan ketika The Three Lions kembali mendapat hadiah pinalti di menit ke-84. Namun sayang, Harry Kane yang kembali dipercaya sebagai algojo, gagal menjalankan tugasnya di mana bola yang ia tendang melesat jauh ke atas gawang Prancis yang dijaga kiper Hugo Lloris.

 

Momen usai Harry Kane gagal mengeksekusi pinalti keduanya saat melawan Prancis di babak perdelapan final Piala Dunia 2022 pada Minggu (11/12/2022) dini hari WIB tadi. (Foto: planetsport.com)

Skor 2-1 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dengan hasil pertandingan pada malam tadi, maka Prancis akan berhadapan melawan kuda hitam Maroko di babak semifinal. Sedangkan Kroasia yang menang adu pinalti atas Brazil, akan bersua melawan Argentina yang menang atas Belanda — juga lewat drama adu pinalti.

Berikut ini jadwal pertandingan babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar:

  • Argentina vs. Kroasia - Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB
  • Prancis vs. Maroko - Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 WIB

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo