IDWS.ID

Bola Internasional

Wakil Asia di Piala Dunia 2022 Habis Setelah Jepang dan Korsel Tersingkir di Babak 16 Besar

06 Dec 2022

Habis sudah wakil Benua Asia di kancah Piala Dunia 2022 Qatar setelah Jepang dan Korea Selatan gugur di babak 16 besar pada Selasa dinihari tadi.

IDWS, Selasa, 6 Desember 2022 - Jepang yang mengejutkan banyak pihak karena lolos sebagai juara Grup E usai mengalahkan favorit Jerman dan Spanyol, harus terhenti langkahnya oleh Kroasia lewat drama adu pinalti.

Samurai Blue sempat unggul lebih dulu lewat sontekan Daizen Maeda di menit 43. Namun Kroasia kemudian menyamakan kedudukan lewat sundulan keras Ivan Perisic di menit 55. Hingga waktu normal 90 menit dan dua babak tambahan berakhir, kedudukan 1-1 tetap bertahan sehingga pertandingan harus dilanjutkan lewat adu pinalti.

Di sinilah, perbedaan mental kedua tim terlihat jelas. Kroasia yang mayoritas pemainnya telah mengenyam asam garam di kompetisi-kompetisi top sepakbola dunia hanya gagal mengeksekusi satu tendangan pinalti saja. Di sisi lain, tiga dari empat tendangan pinalti Jepang berhasil ditahan oleh kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Hasil tersebut membuat Kroasia unggul 1-3 di drama adu pinalti sehingga berhak lolos ke perdelapan final.

Usai menghibur para pemainnya pasca adu pinalti, pelatih Jepang Hajime Moriyasu kemudian berjalan ke tengah lapangan dan membungkuk ke arah tribun pendukung Jepang sebagai wujud apresiasi dan permintaan maaf bagi mereka yang telah jauh-jauh datang ke Qatar demi mendukung Samurai Blue.

 

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu membungkuk setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang vs Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada Selasa 6 Desember 2022 dini hari WIB.(Kompas.com/AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

 

Korea Selatan dilibas Tim Samba

Pertandingan berikutnya menghadirkan Korea Selatan sebagai harapan terakhir wakil Asia melawan tim kuat Brazil. Sayang, laga berlangsung anti-klimaks di mana saat turun minum, Korea Selatan sudah kebobolan empat gol. Gol-gol Brazil dicetak oleh Vinicius Junior (7'), Neymar (pinalti, 13'), Richarlison (29'), dan Lucas Paqueta (36').

Korea Selatan hanya mampu mencetak satu gol hiburan lewat gol pemain pengganti Seung-Ho Paik di menit ke-76.

Usai pertandingan, pelatih Korea Selatan asal Portugal, Paulo Bento, mengatakan bahwa ia akan mundur dari kursi pelatih, melansir pemberitaan besoccer.com. Pelatih berusia 53 tahun ini telah menduduki posisi pelatih timnas Korea Selatan sejak Agustus 2018, menggantikan Shin Tae-yong yang sekarang menjadi pelatih timnas Indonesia.

Wakil Asia lainnya, Australia, jadi tim pertama yang tersingkir di babak 16 besar usai ditumbangkan Argentina 2-1 pada Minggu (4/12/2022) akhir pekan lalu.

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 masih menyisakan dua pertandingan lagi, yakni Maroko melawan Spanyol pada pukul 22.00 WIB nanti, dan Portugal melawan Siwss pada pukul 02.00 WIB dinihari nanti.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo