IDWS.ID

Bola Internasional

Real Madrid Juara Liga Champions, Cetak Berbagai Rekor yang Sulit Ditandingi

29 May 2022

Real Madrid mengukuhkan diri sebagai raja sepakbola Eropa dengan menjuarai Liga Champions UEFA untuk ke-14 kalinya dalam sejarah klub usai mengalahkan Liverpool di final, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

IDWS, Minggu, 29 Mei 2022 - Digelar di Stade de France, Paris, Prancis, Real Madrid sanggup keluar sebagai pemenang meski selalu diserang habis-habisan oleh skuad asuhan Jurgen Klopp. Jika bukan karena aksi heroik dari kiper Thibaut Courtois, bukan tidak mungkin gawang Madrid sudah kebobolan berkali-kali oleh serangan-serangan menakutkan dari pemain sekaliber Sadio Mane atau Mohamed Salah.

Gol tunggal yang menentukan kemenangan Los Blancos dicetak oleh Vinicius Junior pada menit ke-59 menyambut umpan silang mendatar dari Federico Valverde dari kanan. Menariknya, gol Vinicius Jr., itu adalah satu-satunya tendangan Madrid yang mengarah ke gawang Liverpool hingga pertandingan berakhir, berbanding jauh dengan The Reds yang melesatkan sembilan tembakan mengarah ke gawang dan memaksa Courtois berjibaku menghalau bola.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid memperkokoh rekornya sebagai klub penyandang gelar Liga Champions Eropa terbanyak, yakni 14 kali atau dua kali lipat dari tim pemegang rekor berikutnya, yakni AC Milan (tujuh kali).

Delapan pemain Madrid kini menyamai rekor Cristiano Ronaldo yakni pemain yang pernah lima kali mengangkat trofi Liga Champions Eropa dalam karir mereka sebagai pesepakbola. Para pemain itu adalah Gareth Bale, Karim Benzema, Casemiro, Dani Carvajal, Isco, Toni Kroos, Marcelo, dan Luka Modric.

Sedangkan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mencetak rekor sebagai pria dengan gelar Liga Champions terbanyak sebagai pemain maupun pelatih. Don Carlo meraih empat trofi Liga Champions Eropa bersama AC Milan — dua kali sebagai pemain, dan dua kali sebagai pelatih. Kemudian dua sisanya ia raih sebagai pelatih bersama Real Madrid.

Empat gelar Liga Champions Eropa yang ia raih sebagai pelatih juga membuat Carlo Ancelotti menjadi pelatih sepakbola yang paling banyak mengangkat si trofi kuping besar.

Selamat kepada Real Madrid!

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo