IDWS.ID

Bola Internasional

Laga Brazil vs. Argentina Dihentikan Setelah Otoritas Kesehatan Brazil Memasuki Lapangan

06 Sep 2021

Laga kualifikasi CONMEBOL antara Brazil melawan Argentina yang digelar di Corinthians Arena, Sau Paulo, Brazil, pada Senin (6/9/2021) dini hari WIB secara mendadak dibatalkan oleh pihak petugas kesehatan setempat setelah laga baru berlangsung selama dua menit.

IDWS, Senin, 6 September 2021 - Agensi Regulator Kesehatan Brazil atau lebih dikenal sebagai Anvisa, disebut meminta bantuan dari kepolisian federal  untuk mencegah empat pemain Timnas Argentina berpartisipasi dalam laga tersebut karena disinyalir telah berbohong mengenai status karantina mereka. Diduga, keempat pemain itu sempat berada di Inggris dalam 14 hari terakhir, sedangkan menurut protokol kesehatan Brazil, siapa saja yang mengunjungi Inggris dalam 14 hari sebelum berkunjung ke Brazil, tidak diperbolehkan masuk ke negara tersebut.

Saat laga baru berlangsung selama dua menit, sekelompok petugas dari Anvisa masuk ke lapangan dan sempat terlibat argumen dengan beberapa pemain Argentina, termasuk kapten Lionel Messi di mana kemudian staff, pelatih, hingga pemain Brazil seperti Neymar Jr juga turut terlibat. Para pemain Argentina kemudian meninggalkan lapangan, sedangkan para pemain Brazil tetap di lapangan dan terlihat kebingungan sebelum kemudian mereka melakukan sesi latihan menggunakan setengah lapangan untuk menghibur para penonton.

 

Lionel Messi dan Neymar Jr tampak meminta kejelasan dari pihak Anvisa yang masuk ke lapangan. (Amanda Perobelli/Reuters)

Selang satu jam kemudian, wasit memutuskan pertandingan dibatalkan setelah menerima keputusan final dari FIFA.

Tidak jelas mengapa Anvisa baru bertindak saat kick-off sudah terjadi, padahal Timnas Argentina sudah berada di Brazil selama tiga hari lamanya.

Dalam sebuah pernyataannya, Anvisa menyebut tindakan keempat pemain tersebut sebagai risiko kesehatan yang sangat serius.

"Anvisa menganggap situasi tersebut sebagai risiko kesehatan yang serius, sehingga menyarankan otoritas kesehatan setempat untuk mengkarantina pemain-pemain yang [seharusnya] dicegah untuk berpartisipasi dalam aktivitas apapun dan tidak diperbolehkan berada di teritori Brazil."

 

Kiper Emiliano Martinez (jersey oranye) yang bermain bagi Aston Villa, Giovani Lo Celso (tengah) yang merupakan pemain Tottenham, disinyalir berbohong akan pernyataan karantina mereka. (Andre Penner/Associated Press)

Melansir laporan dari CNN.com via CNN Brazil, Anvisa meminta empat pemain Argentina dideportasi dari Brazil. Mereka adalah Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Giovani Lo Celso, dan Cristian Romero. Seluruhnya adalah pemain yang berlaga di Liga Primer Inggris.

CONMEBOL sebagai organisasi induk sepakbole Amerika Selatan, telah memastikan bahwa laga kualifikasi Piala Dunia antara tuan rumah Brazil melawan Argentina itu resmi dibatalkan lewat akun Twitter resminya, @CONMEBOL.

 

Para pemain dari kedua tim sempat beradu argumen dengan petugas Anvisa. (Andre Penner/Associated Press)

FIFA juga telah memberi konfirmasi dan menyatakan masih menunggu kelanjutan dari kasus tersebut sebelum mengambil keputusan.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: New York Times

Share    

IDWS Promo