IDWS.ID

Bola Internasional

Piala Eropa 2020: Maaf Inggris, Football is Coming to Rome!

12 Jul 2021

Italia mengakhiri puasa gelar juara Piala Eropa mereka setelah terakhir kali mengangkat trofi Henry Delaunay pada 1968 silam. Skuad asuhan Roberto Mancini itu mengalahkan tuan rumah Inggris di Wembley, Senin dini hari WIB lewat drama adu pinalti di mana Italia unggul 3-2 (1-1 di waktu permainan normal).

IDWS, Senin, 11 Juli 2021 - Inggris selalu menggemakan slogan "Football come back home" (sepakbola kembali ke rumah) selama puluhan tahun sejak terakhir kali mereka menjuarai kompetisi besar antar negara, yakni Piala Dunia 1966. Dengan mencapai final Piala Eropa 2020 meski dipenuhi kontroversi akan indikasi bantuan ofisial pertandingan serta VAR, publik Inggris kembali menyerukan slogan khas tersebut.

Sayangnya slogan itu diplesetkan Italia menjadi "Football is Coming to to Rome" (sepakbola datang ke Roma, ibukota Italia) setelah Georgio Chiellini dkk., membuktikan diri memiliki ketahanan mental yang lebih baik dibanding skuad muda The Three Lions aaat menghadpai tekanan adu pinalti.

 

Timnas Italia juara Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Inggris dalam drama adu pinalti pada Senin (11/7/2021) dinihari WIB. (REUTERS/Laurence Griffiths)

Luke Shaw memberi kejutan bagi para pendukung Inggris maupun pihak Italia lewat gol cepatnya di menit ke-2 di mana ia melakukan tendangan semi-voli menyambut umpan silang jitu dari Kieran Trippier. Gol Shaw tersebut sekaligus mengukuhkan rekor baru sebagai gol kelima tercepat dalam sejarah Piala Eropa, dan gol ketiga tercepat di sepanjang Piala Eropa edisi 2020.

Italia, yang tampil melempem serta lebih banyak menghabiskan waktu bertahan di babak pertama, pelan namun pasti membangun momentum hingga akhirnya mereka bisa menyamakan kedudukan lewat gol Leonardo Bonucci di menit ke-67. Babak tambahan selama 30 menit juga tidak menghasilkan gol baru sehingga pertandingan pun harus ditentukan lewat adu pinalti. Dan celakanya, Timnas Inggris terkenal buruk dalam drama adu pinalti.

 

Leonardo Bonucci sukses mengalahkan kiper Inggris Jordan Pickford dalam drama adu pinalti antara Italia vs. Inggris di final Piala Eropa 2021. (REUTERS/Paul Ellis)

Dan benar saja, penyakit lama Inggris sepertinya belum sembuh. Eksekusi Marcus Rashford mengenai tiang gawang, sedangkan Gianluigi Donnarumma berhasil menahan sepakan dari Jadon Sancho dan Bukayo Saka. Sedangkan dari Italia sendiri, Federico Bernardeschi, Leonardo Bonucci, dan Domenico Berardi berhasil membobol gawang Jordan Pickford di mana hanya Andrea Belotti dan Jorginho gagal menjalankan tugas mereka. Namun tetap saja, aksi gemilang Donnarumma berhasil membawa Italia naik ke podium sebagai juara.

 

Timnas Italia juara Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Inggris dalam drama adu pinalti pada Senin (11/7/2021) dinihari WIB. (REUTERS/Michael Regan)

Maaf Inggris, sepertinya kalian masih harus menunggu lebih lama lagi untuk lepas dari kutukan tak bisa juara kompetisi besr antarnegara. Untuk saat ini, sepakbola tidak kembali ke rumah, namun ke Roma, Italia!

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo