IDWS.ID

Bola Internasional

Denmark Lolos ke Semifinal Euro Untuk Kali Pertama Dalam 29 Tahun, Inggris Lumat Ukraina di Olimpico

04 Jul 2021

Perjalanan impresif Timnas Denmark di Piala Eropa 2020 terus berlanjut ke semifinal setelah mengalahkan Republik Ceko di Baku Olympia Stadium, Azerbaijan.

IDWS, Minggu, 4 Juli 2021 - Sempat terpukul oleh insiden gagal jantung dari pemain andalannya Christian Erikssen di laga pembuka melawan Finlandia, lalu kalah 1-2 oleh Belgia, Denmark bangkit dan terus menunjukkan performa positif dengan melumat Rusia 4-1 yang mengantarkan mereka lolos ke fase 16 besar, kemudian melibas Wales 4-0 untuk melaju ke perempat final melawan Republik Ceko.

Denmark unggul cepat lewat gol Thomas Delaney di menit ke-5 ketika ia lolos dari penjaganya untuk menyundul bola hasil sepakan pojok ke gawang Republik Ceko. Sebuah umpan silang brilian dari Kasper Dolberg dari sisi kanan pertahanan Republik Ceko disambut oleh Joakim Maehte untuk memperlebar keunggulan Denmark menjadi 2-0 tiga menit jelang turun minum.

Republik Ceko sempat berusaha mengejar dan sukses memperkecil ketinggalan berkat gol top skor mereka Patrik Schick di menit 49, membuat jumlah golnya di Piala Eropa kali ini menjadi 5, menyamai Cristiano Ronaldo.

Sayangnya Denmark bermain penuh disiplin dan fokus akan kemenangan, membuat Republik Ceko gagal menambah gol lagi sehingga Denmark pun berhasil mengamankan jatah berlaga di semi final melawan Inggris di Wembley pada Rabu (7/7/2021) pekan depan.

Setelah pertandingan melawan Republik Ceko, pelatih Denmark, Kasper Hjulmand mengatakan bahwa skuadnya akan terus memikirkan Christian Erikssen sebagai pemacu semangat di semifinal nanti.

"Saya masih selalu memikirkan Christian (Erikssen) setiap hari. Ia seharusnya ada di sini," kata Hjulmand seperti dilansir dari BBC.com.

 

Skuad Denmark merayakan lolosnya negara mereka ke semifinal Piala Eropa untuk pertama kalinya sejak 29 tahun silam. (Twitter/@EURO2020)

Kemenangan atas Republik Ceko ini sekaligus mengakhiri catatan buruk Denmark, yang tak pernah bisa mencapai semifinal Piala Eropa sejak juara pada tahun 1992 silam.

 

Inggris libas Ukraina

Sementara itu di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Inggris tampil perkasa dengan mengalahkan tim kuda hitam Ukraina empat gol tanpa balas. Setelah gagal mencetak gol di fase grup, kapten Harry Kane telah mendapatkan kembali insting mencetak golnya dan beberapa kali mengancam gawang Ukraina, bahkan ia juga mencetak dua gol di laga yang digelar pada Minggu (4/7/2021) dini hari WIB itu, termasuk gol pembuka di menit ke-4.

Secara permainan sendiri Ukraina tidak bisa menandingi Inggris. Skuad asuhan Gareth Southgate itu kembali menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Harry Mcguire yang menyambut tendangan bebas Luke Shaw, tidak ada satu menit setelah babak kedua dimulai.

Luke Shaw kembali jadi kreator gol bagi The Three Lions. Menerima umpan indah dari Raheem Sterling, Shaw melesakkan umpan silang sempurna yang dikonversi menjadi gol oleh Harry Kane lewat sundulan.

 

Para pemain Inggris merayakan lolosnya negara mereka ke semifinal Euro 2020 setelah melibas Ukraina 4-0 pada Minggu dini hari WIB tadi. (Twitter/@EURO2020)

Pemain pengganti Jordan Henderson menggenapi keunggulan Inggris menjadi 4-0 sekaligus merupakan gol pertamanya bagi Timnas Inggris dalam 62 caps.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo