IDWS.ID

Bola Internasional

Hasil Pertandingan Euro 2020 Hari Ini: Ketika Kemenangan Bukanlah Segalanya

13 Jun 2021

Hari kedua dari Euro 2020 (2021) menghadirkan sebuah insiden yang hampir saja berujung ke tragedi, namun berkat peran beberapa individu, insiden itu jadi sebuah tanda bahwa olahraga adalah sarana penyatu umat manusia.

IDWS, Minggu, 13 Juni 2021 - Laga Grup B antara Denmark melawan Finlandia yang digelar di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark, diwarnai insiden kolapsnya Christian Eriksen di menit ke-43 saat ia menerima bola. Ia kemudian terlihat kejang-kejang. Untungnya wasit Anthony Taylor dengan sigap langsung menghentikan pertandingan dan memanggil tim medis masuk ke lapangan.

Sementara itu, Kapten timnas Denmark Simon Kjaer bisa jadi adalah penyelamat Eriksen karena ia langsung berinisiatif memberi bantuan CPR kepada pemain Inter Milan itu sesuai prosedur. Sedangkan pemain-pemain Denmark lain membuat pagar manusia mengelilingi Eriksen. Pertandingan juga dihentikan untuk sementara sembari menunggu kabar akan nasib Eriksen.

Setelah Eriksen dipastikan telah sadar dan kondisinya telah stabil di rumah sakit, pertandingan pun dilanjutkan kembali. Joel Pohjanpalo mencetak gol bagi Finlandia di menit ke-60 sekaligus merupakan gol pertamanya bagi Finlandia di turnamen internasional antarnegara. Namun mengingat insiden yang menimpa Eriksen, ia memilih tidak melakukan selebrasi.

Denmark sempat memperoleh kesempatan untuk menyamakan kedudukan di menit ke-74 setelah Paulus Arajuun melanggar pemain Denmark Yussuf Poulsen di kotak terlarang. Sayangnya Pierre-Emile Hoejbjerg yang bertindak sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya.

Skor 1-0 untuk keunggulan Finlandia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Namun tidak ada sorak sorai dari para pemain maupun suporter Finlandia, meski kemenangan ini cukup berarti bagi mereka. Sedangkan bagi timnas Denmark, kekalahan ini tidak bisa dibandingkan dengan kabar baik akan kondisi Christian Eriksen.

Hingga artikel ini ditulis, belum diketahui secara pasti penyebab kolaspnya Christian Eriksen, namun diduga ia mengalami serangan jantung.

 

Belgia lumat Rusia

Sementara itu di Stadion Saint Petersburg, tuan rumah Rusia menjamu tim tamu Belgia, namun harus menanggung malu karena kebobolan tiga gol tanpa bisa membalas. Penyerang andalan Belgia, Romelu Lukaku, mencetak brace sedangkan pemain pengganti Thomas Meunier mencetak satu gol bagi Belgia.

Gol pertama Lukaku ia cetak memanfaatkan bola liar yang ia tendang dengan kaki kiri ke gawang Rusia. Ia kemudian mengungkapkan dukungannya kepada Christian Eriksen dengan mengatakan "Chris! I love you," tepat di depan kamera televisi. Baik Lukaku maupun Eriksen sama-sama berstatus pemain Inter Milan di level klub.

Thomas Meunier menambah keunggulan Belgia lewat golnya di menit ke-34. Dua menit jelang bubar, Meunier mengirim umpang terobosan akurat yang menyayat pertahanan Rusia ke Lukaku — yang mengonversinya dengan sempurna menjadi gol. Skor 3-0 bagi keunggulan Belgia bertahan hingga akhir pertandingan.

Laga berikutnya adalah laga Grup C antara Austria melawan Makedonia Utara pukul 23.00 WIB dan laga Grup D antara Inggris melawan Kroasia pukul 20.00 WIB.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo