IDWS.ID

Pendidikan

Tak Terima Gedung Sekolah Disegel 6 Bulan, Puluhan Siswa SMA di BIma Blokir Jalan Tuntut Dibukanya Kembali Sekolah Mereka

21 Jul 2022

Puluhan siswa SMA Negeri 3 Wera di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), memblokade jalan dengan kayu dan batu, Kamis (21/7/2022).

IDWS, Kamis, 21 Juli 2022 - Mereka menuntut pihak sekolah segera membongkar penyegelan bangunan yang diduga dilakukan oleh tukang.

"Iya betul, mereka menuntut sekolah yang disegel segera dibuka," kata Salahuddin, Plh Kepala Cabang Dinas Dikbud Bima dan Kota Bima seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/7/2022).

 

Disegel tukang

Menurut Salahuddin, penyegelan sekolah yang sudah berlangsung 6 bulan terakhir itu dilakukan oleh sejumlah tukang yang mengerjakan bangunan tersebut. Mereka terpaksa melakukan itu karena gaji atas pekerjaan belum juga dibayar oleh pihak kontraktor. Selama penyegelan itu terjadi, lanjut dia, kegiatan belajar mengajar siswa SMAN 3 Wera dialihkan ke SMAN 1 Wera.

"Karena sudah lama siswa tidak tahan sehingga menuntut hak mereka. Mereka minta segera diselesaikan masalah dengan tukang itu agar bisa masuk sekolah," jelasnya.

 

Puluhan siswa SMAN 3 Wera di Kabupaten Bima saat menggelar aksi blokade jalan, Kamis (21/7/2022).(Kompas.com/ Salahuddin)

 

Pertemuan tak membuahkan hasil

Salahuddin mengungkapkan, pihaknya sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan tukang dan wali murid siswa SMAN 3 Wera. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Terakhir koordinasi dilakukan dengan jajaran Dikbud Provinsi NTB. Rencananya, Kepala Dinas Dikbud akan datang langsung ke SMAN 3 Wera untuk memfasilitasi pertemuan kontraktor dan tukang.

Salahuddin tidak mengetahui berapa nominal utang kontraktor.

"Tapi dalam beberapa pertemuan, tukang sempat mengaku utang kontraktor Rp 176 juta. Kemudian berkurang lagi, hingga angka terakhir yang disebut Rp 74 juta," tandasnya.

Kapolsek Wera Iptu Husnain belum memberikan jawaban saat Kompas.com berusaha mengonfirmasi soal blokade jalan yang menggangu aktivitas warga tersebut.

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo