IDWS.ID

Pendidikan

29 Sekolah di Jepang Sukses Gelar Upacara Penerimaan Murid Baru di Metaverse

14 Apr 2022

Puluhan sekolah di Jepang menggelar acara penerimaan murid baru yang digelar di metaverse.

IDWS, Kamis, 13 April 2022 - Musim semi di Jepang menjadi penanda akan awal baru, terutama bagi para murid. Ada yang memasuki sekolah baru atau memasuki dunia kerja untuk pertama kali. Sayangnya bagi yang memasuki sekolah baru, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Jepang membuat upacara penerimaan murid baru sulit diterapkan oleh sekolah.

Kemajuan teknologi pun jadi solusinya, terutama teknologi metaverse di mana orang menggunakan avatar untuk mendatangi suatu event online.

Pada 8 April, 29 sekolah vokasional yang dijalankan oleh NSG College League di Prefektur Niigata untuk pertama kalinya menggelar Upacara Penerimaan Murid Baru di Metaverse yang dihadiri oleh kurang lebih 3.800 murid baru.

 

(Foto: PR Times)

Upacara pembukaan itu dibuka lewat penampilan komedi dari Satoshi Mukai yang dikenal lewat acara Netflix Last One Standing. Kemudian Kepala Sekolah dari Niigata Business College, Toshihiko Watanabe, menyapa para murid baru mewakili 29 kepala sekolah yang tergabung dalam naungan NSG College League.

 

Satoshi Mukai menggunakan avatar di metaverse, membuka upacara penerimaan murid baru dari 29 sekolah di bawah naungan NGS College League. (Foto: PR Times)

Di sela-sela acara, ditampilkan juga video-video berisi pesan dari murid-murid berprestasi. Di paruh kedua acara, para murid dipersilahkan untuk "jalan-jalan" bebas dengan avatar mereka.

 

video pesan-pesan dari murid berprestasi disiarkan di sela-sela acara (Foto: PR Times)

Patut dicatat bahwa upacara penerimaan murid baru ini juga ditayangkan di YouTube secara live stream sehingga para orang tua murid juga bisa menyaksikannya

Upacara penerimaan murid baru di metaverse ini terbilang sukses, dan mungkin bisa diterapkan untuk ke depannya meski pandemi telah berakhir. Para murid baru tidak perlu merasa bosan berdiri lama atau kelelahan karena hawa panas yang menyengat karena di Jepang bukan hal aneh apabila murid-murid sampai pingsan karena cuaca yang begitu panas.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: SoraNews24

Share    

IDWS Promo