IDWS.ID

Bisnis

Kasus Dugaan Penipuan Robot Trading Net89 Seret 5 Publik Figur Kenamaan, 2 Di Antaranya Sudah Diperiksa

07 Nov 2022

Kasus dugaan investasi bodong berkedok robot trading Net89 yang akhir-akhir ini mencuat telah menyeret nama sejumlah selebriti atau publik figur Indonesia, di mana beberapa di antaranya telah diperiksa oleh pihak berwajib.

IDWS, Senin, 7 November 2022 - Menurut M Zainul Arifin, pengacara yang mewakili 230 korban penipuan Net89, ada 134 pelaku yang diduga melakukan tindak pidana ini, 5 orang yang diduga figur publik. Kemudian ada 7 orang founder dan ada 5 orang CEO, melansir laporan Liputan6.com.

Kasus penipuan Net89 sendiri telah dilaporkan ke Bareskrim Polri pada 28 Oktober 2022 dengan 134 terduga pelaku termasuk 5 figur publik di Indonesia.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri tengah mendalami kasus Net89 dan telah memeriksa dua di antara lima publik figur yang diduga terkait dengan Net89. Lima publik figur tersebut antara lain adalah Atta Halilintar, Kevin Aprilio, Taqy Malik, Adri Prakarsa, dan Mario Teguh.

Sejauh ini baru Atta Halilintar dan Kevin Aprilio yang telah diperiksa.

 

Ilustrasi robot trading. (Unsplash)

“Baru Kevin dan Atta yang sudah kita mintai keterangan,” kata Kepala Sub-Direktorat (Kasubdit) II Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Chandra Sukma Kumara kepada Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Menurut Chandra, hasil pemeriksaan terhadap Atta, masih akan dilakukan pendalaman kepada ahli tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ia mengatakan, Atta masih belum menyerahkan uang hasil lelang bandana dari tersangka kasus Net89, Reza Shahrani atau Paten.

“Sementara belum, karena Atta melalui lelang terbuka untuk menjual barang yang dibeli Reza dan yang bersangkutan saat itu tidak mengenal Reza, ini masih kita tanyakan ke ahli TPPU,” terangnya.

Sementara itu, terkait keterlibatan Kevin, Chandra menyebutkan bahwa Kevin merupakan salah satu korban dari Net89. Pasalnya, ia menyebutkan bahwa Kevin merupakan salah satu member dari Net89 yang uangnya tertahan di aplikasi tersebut.

“Yang bersangkutan malah sebagai korban dari Net89, karena dia juga salah satu member dan uangnya masih ada yang tertahan di Net89,” tutur Chandra.

 

Banner Infografis Geger 5 Artis Terseret Kasus Investasi Bodong Robot Trading Net89 (Liputan6.com/Triyasni)
 

Dugaan keterkaitan para publik figur dengan Net98

Atta dan Taqy diduga menerima hasil kejahatan dari Founder Net89 Reza Paten dalam kegiatan lelang.

"Kalau Atta Halilintar diduga lelang bandana ya Rp 2,2 m dari founder-nya Net 89 Reza Paten. Kemudian Taqy Maliq dia menerima dari lelang sepeda Brompton Rp 700 juta rupiah diduga TPPU Pasal 5," ucap Zainul pada 26 Oktober 2022 seperti dikutip dari Kompas.com.

Sedangkan Mario Teguh diduga berperan sebagai leader atau endorse sekaligus Founder Billions Group Net89 di mana ia mempromosikan serta memengaruhi orang lain untuk menjadi member Net89.

Sedangkan Kevin Aprilio dan Adri Prakarsa diduga turut mempromosikan Net89 lewat media elektronik maupun zoom meeting.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com, Liputan6.com

Share    

IDWS Promo