IDWS.ID

Berita Nasional

Viral Murid-murid SD di Surabaya Lawan Jambret Bersenjata Tajam

25 Jan 2023

Aksi heroik sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) berseragam pramuka melawan jambret bersenjata tajam di Surabaya jadi viral di media sosial.

IDWS, Rabu, 25 Januari 2023 - Aksi heroik para pelajar cilik itu terekam kamera CCTV pengawas keamanan jalan di kawasan Jalan Dukuh Kupang Gang 16, Dukung Pakis, Surabaya. Dalam video berdurasi 1 menit 59 detik itu tampak pelaku mengendari sepeda motor bebek warna hitam mendekati kerumunan pelajar SD berseragam pramuka berjumlah tujuh orang yang tenngah asyik mengobrol dan memaikan ponsel sembari duduk bersila dalam posisi melingkar.

Pelaku yang kemudian diketahui berinisial SA (42) warga Sawahan, Surabaya, turun dari motornya lalu mendatangi kerumunan pelajar SD tersebut dan berusaha merampas ponsel milik seorang pelajar SD perempuan berkerudung.

Hanya saja aksi jahatnya itu mendapat perlawanan dari pelajar tersebut, yang berusaha menarik pakaian pelaku saat mencoba lari ke arah motornya yang diparkir tak jauh dari sana.

 

Tangkapan layar video CCTV aksi heroik bocah SD melawan jambret bersenjata tajam di Surabaya. (Tribunnews.com/istimewa)

Terekam momen aksi korban atau perempuan berkerudung itu, berusaha menggelayuti kaus pelaku dari sisi kiri, kanan, hingga kembali ke sisi kiri tubuh pelaku yang duduk di atas jok motornya.  Pergulatan di antara pelaku dan korban tampak berlangsung begitu sengit.  Meskipun, si pelaku beberapa kali berupaya menyibak tarikan tangan korban dengan lengan tangan kirinya secara berayun.

Namun, upaya si pelaku untuk menggeber motornya kencang-kencang mengambil 'langkah seribu' atau kabur dari perlawanan tersebut, tak berjalan mulus.

Tak ingin melihat sang teman berjuang seorang diri melawan si penjahat, dua orang bocah lainnya, yakni seorang bocah perempuan berkerudung dan bocah laki-laki bercelana panjang,  tampak ikut mengeroyok si pelaku yang masih kesulitan  melawan bocah perempuan berkerudung.

Sayangnya meski tiga orang bocah SD berseragam Pramuka itu, terus-terusan berjibaku melawan si pelaku penjambretan kemudian menodongkan pisau, membuat mereka mundur. Pelaku akhirnya berhasil kabur menaiki motornya.

Untungnya polisi berhasil menangkap pelaku dan menyita motor Honda jenis SUpra yang digunakan pelaku serta sebilah pisau dapur yang digunakan untuk menodong korbannya.

"Pelaku berhasil kami amankan setelah aksi itu. Bhabinkamtibmas kami ke lokasi, dan Tim Antibandit Polsek Dukuh Pakis, melakukan pengejaran dan berhasil kami tangkap hanya beberapa jam saja," beber Kanit Reskrim Polsek Dukuh Pakis Polrestabes Iptu Aman Hasta seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Iptu Aman Hasta juga memastikan murid-murid SD dalam video itu dalam keadaan baik dan tidak ada yang terluka.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tribunnews.com 1/2

Share    

IDWS Promo