IDWS.ID

Berita Nasional

Gempa 7,1 M di Laut Maulu Terasa Sampai Manado

18 Jan 2023

Gempa Bumi berkekuatan 7,1 Magnitudo mengguncang wilayah Melonguane, Sulawesi Utara, pada Rabu (18/1/2023) pukul 13.06 WIB.

IDWS, Rabu, 18 Januari 2023 - Menurut pihak BMKG, gempa tersebut berpusat di Laut Maluku pada kedalaman 71 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini ridak berpotensi tsunami," ujar Daryono, kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2023) siang

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah dipicu oleh deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku," tambah Drayono.

Gempa bumi di Laut Maluku merupakan jenis gempa bumi menengah. Hal ini sebagaimana mengacu pada lokasi episenter dan hiposenter gempa,  Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

 

Ilustrasi gempa. (iStock)

Pusat gempa tepatnya berpada pada titik koordinat 2,80 LU dan 127,11 BT, 141 km arah tenggara Melonguane, Sulut. Meski tidak berpotensi tsunami, getaran akibat gempa tersebut terasa kuat hingga ke Manado, Sulawesi Utara, membuat warga beramai-ramai keluar dari gedung.

Getaran gempa terasa di Minahasa, Manado, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bitung, Ternate, Sofifi, Halmahera Timur, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan III MMI, Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Sitaro.

Stasiun Geofisika memperingatkan warga agar waspada karena bisa saja terjadi gempa susulan.

 

(Stefanus/IDWS


Sumber: Kompas.com, Tribunnews.com

Ilustrasi Gempa Bumi: iStock

Share    

IDWS Promo