IDWS.ID

Berita Nasional

Pemerintah Wacanakan Pemberian Kompor Listrik 2 Tungku Gratis Kepada 300.000 Rumah Tangga, Namun Tunggu Hasil Uji Coba

21 Sep 2022

Pemerintah berencana akan memberikan kompor induksi (bertenaga listrik) gratis kepada keluarga penerima manfaat (KPM) atau keluarga miskin.

IDWS, Rabu, 21 September 2022 - Rencananya, pemerintah hendak memberikan paket kompor listrik gratis kepada 300.00 rumah tangga miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada tahun 2022 ini di mana masing-masing keluarga akan menerima paket kompor listrik senilai Rp 2 juta yang bertujuan untuk mengalihkan penggunaan kompor konvensional bertenaga elpiji (terutama elpiji 3kg) ke energi terbarukan.

Hanya saja rencana itu masih harus menunggu hasil uji coba yang dilakukan PT PLN (Persero).

"Ini kan lagi uji coba dulu, PLN yang uji coba," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di perhelatan IPA Convex, Jakarta, Rabu (21/9/2022), dikutip dari laporan Kompas.com.

Mengenai tambahan satu alat miniature circuit breaker (MCB) atau meteran listrik yang khusus untuk kompor listrik, Arifin bilang hal itu juga masih diuji coba. Ia berjanji akan menganalisa hasil uji coba yang dilakukan oleh PLN.

 

Ilustrasi kompor listrik dua tungku. (builder.id)

Mengenai tambahan satu alat miniature circuit breaker (MCB) atau meteran listrik yang khusus untuk kompor listrik, Arifin bilang hal itu juga masih diuji coba. Ia berjanji akan menganalisa hasil uji coba yang dilakukan oleh PLN. Oleh karena itu, Arifin belum menjawab secara teknis terkait pemberian kompor listrik tersebut.

"Nanti dilihat dari uji coba, nanti dianalisa hasilnya," kata Arifin.

Dalam rencana pemerintah, nantinya setiap rumah tangga akan menerima satu unit kompor listrik yang dilengkapi dua tungku ditambah satu alat masak dan satu alat MCB secara gratis.

Nilai paket kompor listrik gratis itu aslinya adalah Rp 1,8 juta karena masing-masing tungku memiliki kapasitas daya hingga 800 watt. Namun nilai itu naik karena salah satu tungku akan dinaikkan dayanya menjadi di atas 1.000 watt.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo