IDWS.ID

Berita Nasional

Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil Langsung Terbang ke Swiss

10 Jun 2022

Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) akhirnya ditemukan oleh kepolisian Swiss.

IDWS, Jumat, 10 Juni 2022 - Setelah pencarian memasuki hari ke-14, jenazah Eril akhirnya ditemukan, tepatnya di Bendungan Engehalde. Duta Besar RI (Dubes RI) untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi.

"Menemukan jasad yang diduga ananda Eril pukul 06.50 waktu setempat. Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar ananda Eril. Pada hari Kamis pihak kepolisian mengkonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan adalah ananda Eril," katanya seperti dikutip dari Kompas.com.

 

Mendiang Emmeril Kahn Mumtadz. (Instagram/emmerilkahn)

Sebelumnya Eril dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) lalu dinyatakan meninggal dunia karena tenggelam pada Jumat (3/6/2022) setelah pencarian tidak juga berhasil menemukannya.

Ridwan Kamil sendiri langsung terbang ke Swiss dan telah bertemu serta memeluk jenazah Eril. Hal itu terungkap dari unggahannya di Instagram pada Jumat (10/6/2022), yang juga menyebutkan bahwa jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) lalu dimakamkan pada Senin keesokan harinya. Ridwan Kamil dalam unggahan lainnya juga mengungkapkan bahwa jenazah Eril ditemukan dalam kondisi utuh meski telah 14 hari lamanya tenggelam.

 

(Instagram @ridwankamil)

 

Kronologi penemuan jenazah Eril

Dalam rilis yang diterbitkan kepolisian Bern, Eril ditemukan oleh petugas polisi Bern pada Rabu (8/6/2022) pagi.

Polisi tersebut menemukan pria pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern pada Rabu pagi sekira pukul 06.50 waktu setempat atau pukul 11.50 WIB.

Setelah itu, jenazah itu dievakuasi oleh polisi maritim Bern.

Dubes Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad menambahkan, setelah ditemukan jenazah yang diduga Eril itu, selanjutnya dilakukan identifikasi melalui tes DNA.

Hasil tes DNA kemudian disampaikan pihak kepolisian Bern pada Kamis siang yang menyatakan jenazah tersebut benar adalah Eril.

 

(Kemlu.go.id/bern)

"Pada Kamis (9/6/2022) siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz (Eril)," jelasnya seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Sesuai prosedur hukum yang berlaku, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril sebagai bagian dari proses pemulangan jenazah Eril.

Sebagaimana diketahui, Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

Emmeril hilang terseret arus Sungai Aare saat berenang bersama keluarganya. (*)

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Tribunnews.com, Kompas.com

Share    

IDWS Promo