IDWS.ID

Berita Nasional

Tak Juga Ditemukan, Eril Putra Sulung Ridwan Kamil Dinyatakan Meninggal Dunia Karena Tenggelam

03 Jun 2022

Setelah berhari-hari pencarian tanpa membuahkan hasil, Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Khan Mumtadz (Eril), putra sulung Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, meninggal dunia karena tenggelam.

IDWS, Jumat, 3 Juni 2022 - Hal ini disampaikan oleh kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (3/6/2022).

"Oleh karena itu, Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) sudah wafat, berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin saat konferensi pers, dikutip dari Kompas.com.

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengatakan, hal itu tidak akan menghentikan niat keluarga untuk bisa menemukan Eril. Pencarian terus dilakukan oleh otoritas Kota Bern, salah satunya dengan menerjunkan anjing pelacak.

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz. (Foto: Tempo/Instagram @emmerilkhan)

"Polisi saat ini sudah bersiap untuk menerjunkan anjing pelacak yang punya kemampuan khusus untuk mengecap aroma di permukaan di mana ini hanya ada keahlian khusus," kata Elpi dalam keterangan pers secara virtual, Jumat (3/6/2022).

Dari laman kemlu.go.id/bern, pencarian Eril pada Kamis (2/6/2022), dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, perahu, dan penerbangan drone. Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare. Fokus pencarian berada di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

Majelis Ulama Islam (MUI) Jawa Barat dilaporkan telah menyebarkan surat edaran yang menghimbau warga untuk melakukan shalat gaib bagi Eril hari Jumat (3/6/2022) di setiap masjid dan mushala.

 

Emmeril Khan Mumtadz. (Instagram/emmerilkahn)

“Hal ini yang mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia,” tulis surat edaran tersebut.

Eril berada di Bern, Swiss bersama adik dan ibunya untuk keperluan mencari universitas demi melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Namun malang ketika berenang di Sungai Aare bersama adik dan seorang temannya, Eril terseret arus deras sungai dan hilang pada Kamis (26/5/2022). Pencarian Eril telah dilakukan dengan bantuan dari pihak pemerintahan setempat bahkan Ridwan Kamil juga ikut memantau langsung, namun sayang karena tak juga ditemukan, Eril dinyatakan meninggal dunia karena tenggelam.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo