IDWS.ID

Berita Nasional

Kecelakaan Maut di Balikpapan, Truk Kontainer Tabrak Deretan Mobil Hingga Tewaskan 4 Orang

21 Jan 2022

Kecelakaan maut menewaskan empat orang terjadi di Kota Balikpapan, tetapnya di kawasan Muara Rapak pada hari Jumat pagi ini.

IDWS, Jumat, 21 Januari 2022 - Kecelakaan tersebut terjadi setelah rem dari truk kontainer pengangkut kapur penjernih air mengalami blong sehingga tidak bisa mengerem, kemudian menabrak deretan mobil yang tengah berhenti di lampu merah.

Kecelakaan diperparah dengan kondisi jalan yang menurun, mempercepat laju dari truk kontainer tersebut.

"Hasil investigasi di lapangan, itu dimulai karena adanya truk tronton yang remnya blong dan kondisi jalan itu geografisnya memang menurun," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Yusuf Suteji dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.

Hingga pukul 14.00 WIB, pihak kepolisian menyebut bahwa korban tewas akibat kecelakaan maut itu mencapai empat orang dan satu orang lagi dalam kondisi kritik, sedangkan 17 lainnya luka ringan.

 

Detik-detik ketika truk kontainer menabrak mobil-mobil di persimpangan lampu merah di Muara Rampak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022). (Tangkapan layar CCTV/Pikiran Rakyat)

Seluruh korban telah dibawa ke tiga rumah sakit berbeda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, yakni Rumah Sakit Khanujoso, Rumah Sakit Beriman, serta Rumah Sakit Ibnu Sina

 

Sopir truk jadi tersangka

Dari hasil olah TKP, pihak kepolisian menetapkan sopir truk berinisial M Ali (48) sebagai tersangka. Sebelumnya polisi juga sudah melakukan pemeriksaan tes urine dan kondisi kejiwaan sang sopir.

"Sudah (Tersangka), saat ini kita amankan dan diperiksa di Polresta Balikpapan," kata Yusuf dikutip dari laporan detikcom

 

Kondisi truk saat dievakuasi petugas. (Foto: Okezone/Mukmin Azis)

M Ali dipastikan melanggar aturan karena mengemudikan truk tronton di jalur yang dilarang.

"Sudah ada aturan Perwali, bahwasanya truk angkut besar itu hanya diijinkan melintas pada malam hari, jadi jam 6 pagi sampai 12 malam tidak boleh melintas, ini dasar supirnya yang bandel," kata Yusuf. Sedangkan kecelakaan itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Selain itu mengenai kondisi supir, Yusuf menjelaskan, bahwa keadaannya dalam kondisi baik.

"Kondisi baik, sehat-sehat saja," terangnya.

Sementara itu, pihak kepolisian juga telah melakukan proses evakuasi body kendaraan truk penyebab kecelakaan menggunakan crane.

Dari pantauan di lapangan, kondisi arus lalu lintas terpantau kembali normal usai dilakukan buka tutup jalan.

Berikut daftar nama korban melansir laporan Okezone:
Rumah Sakit Kanudjoso Jatiwibowo Balikpapan:

1. Suyono,

2. Sri Suci Pakarti

3. Nelton

4. Desca Nanda Putra

5. Elly Marlia,

6. Evi MP

7. M.Yamin

8. Wiwik Sulastini

9. Rahman

10. M. Baihaki

11. Heri Kahar

12. Rachman

13. Suhardi

Korban tewas di tempat

1. Saerulah

2. Fatmawati

Korban tewas di Rumah Sakit Beriman Balikpapan:

1. Jon Efendi Harahap

2. Juni Deddy Ricardo.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo