IDWS.ID

Berita Nasional

Viral Video Perbandingan TMII Sebelum dan Sesudah Dikelola Pemerintah, Ini Penjelasan Pihak TMII

21 Jan 2022

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jadi sorotan warganet setelah sebuah unggahan di media sosial Twitter mengenai kondisi obyek wisata tersebut jadi viral.

IDWS, Jumat, 21 Januari 2022 - Unggahan tersebut diposting oleh akun Twitter @RomitsuT pada Rabu (19/1/2022) dan saat artikel ini ditulis, telah menuai 940 komentar serta dibagikan lebih dari 2,5 ribu kali dan disukai lebih dari 5,2 ribu kali.

Unggahan akun @RomitsuT — akun yang memang semua unggahannya mengkritik pemerintahan pasca orde baru — memuat video perbandingan kondisi TMII sebelum dan sesudah diambil alih oleh pemerintah.

"TMII sebelum dan sesudah diambil alih dan dikelola oleh pemerintah. Ambyeaaarrrrrrrr.......merusak bukan menambah baik," cuit akun tersebut.

Dalam unggahan itu, terlihat Wahana Air Snow Bay misalnya. Kolam renang tersohor di Jakarta itu kini tutup dan terbengkalai. Tak ada lagi kolam renang dengan air biru, yang ada hanya genangan air berwarna kecoklatan dan ceceran daun-daun. Terlihat juga bagian atas bangunan Museum Telekomunikasi sudah jebol di beberapa sisi. Warna tembok museum pun sudah kusam dan compang camping di sana sini.

 

Respon pihak TMII

Terkait kritikan terhadap pemerintah akan kondisi TMII yang viral tersebut, Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan bahwa saat ini TMII tengah menjalani proses renovasi.

"Betul, saat ini TMII sedang dilaksanakan renovasi sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 tahun 2021. Secara detail dapat ditanyakan ke (Kementerian) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pelaksananya," katanya kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Adapun Perpres Nomor 116 Tahun 2021 membahas tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Internasional G20 Tahun 2022di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Acara-acara internasional yang dimaksud adalah Presidensi, ASEAN Summit, dan acara di kawasan Sirkuit Mandalika. Sedang dalam Perpres tersebut juga tertulis bahwa Menteri PUPR telah diserahi tugas melaksanakan percepatan pelaksanaan pembangunan atau renovasi infrastruktur, di mana salah satu target renovasi tak lain adlaah TMII.

Revonasi itu sendiri telah dimulai sejak bulan Januari tahun ini, jadi wajar saja apabila kondisi TMII sekarang seolah terbengkalai karena memang sedang dalam proses renovasi.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo