IDWS.ID

Berita Nasional

Politikus Senior Haji Lulung Meninggal Hari Ini, Disebut Alami Badai Irama Jantung

14 Dec 2021

Politikus Senior Abraham Lunggana atau yang lebih dikenal sebagai Haji Lulung meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, pada Selasa (14/12/2021) pukul 10.51 WIB.

IDWS, Selasa, 14 Desember 2021 - Kabar duka tersebut disampaikan oleh Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi. Ia juga memohonkan maaf atas segala kesalahan dan dosa Haji Lulung semasa hidup.

Melansir pemberitaan Kompas.com pada Selasa (14/12/2021), Kepala ICCU Rumah Sakit (RS) Harapan Kita Dafsah A Juzar memnyebutkan bahwa Haji Lulung meninggal dunia setelah mengalami badai irama jantung. 

 

Tim dokter Rumah Sakit Harapan Kita menjelaskan kronologi penyebab meninggalnya politikus senior Lulung Lunggana alias Haji Lulung di Rumah Sakit Harapan Kita, Selasa (14/12/2021).(KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

"Setelah empat hari perawatan timbul gangguan irama, badai irama yang awalnya bisa ditangani dengan obat anti irama," ujar Dafsah di Rumah Sakit Harapan Kita, Selasa (14/12/2021).

Setelah diberikan obat-obatan anti badai irama, kondisi Haji Lulung mulai membaik dan pemberian obat dihentikan sementara. Penghentian pemberian obat, kata Dafsah, dilakukan untuk mengurangi beban kerja jantung dan membantu kerja jantung dengan alat.

Badai irama jantung kedua ini disebut tidak bisa lagi ditangani dengan obat-obatan, sehingga dokter mengambil tindakan dengan risiko tinggi yaitu proses ablasi. Proses ablasi dilakukan selama tujuh jam. Namun, tidak ada kemajuan dalam kesehatan Haji Lulung.

"Keadaan fisiologisnya tidak kembali sejak penindakan (ablasi)," tuturnya.

Pada akhirnya, jantung Haji Lulung yang mengalami badai irama berhenti berfungsi. Haji Lulung dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (14/12/2021) pukul 10.50 WIB, setelah mendapat perawatan kurang lebih 20 hari di Rumah Sakit Harapan Kita.

 

Almarhum Haji Lulung meninggal dunia pada Selasa (14/12/2021) ini. (Instagram/@hajilulung_24)

 

Ahok sampaikan bela sungkawa

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyampaikan duka cita atas kepergian politisi PPP Abraham Lunggana alias Haji Lulung, Selasa (14/12/2021).

"Turut berduka cita. Semoga arwah almahum diterima di sisi Allah," ujar Ahok kepada Kompas.com.

Semasa hidupnya, Lulung dan Ahok sempat menarik perhatian publik karena keduanya berseteru tentang masalah pengadaan uninterruptible power supply (UPS). Perseteruan ini bahkan bergulir hingga ke ranah hukum dan penetapan beberapa tersangka.

.

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com 1, 2, 3

Share    

IDWS Promo