IDWS.ID

Berita Nasional

Gunung Merapi Muntahkan Guguran Awan Panas Pada Kamis Sore Ini

09 Dec 2021

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali menyampaikan update aktivitas Gunung Merapi pada Kamis sore ini.

IDWS, Kamis, 9 Desember 2021 - Dikutip dari akun Twitter resmi BPTTKG, Gunung Merapi telah memuntahkan guguran awan panas pada Kamis (9/12/2021) sore ini pukul 16.38 WIB dengan jarak luncuran mencapai 2,2 kilometer arah Kali Bebeng. Sementara seismograf menunjukkan amplitudo 21 mm dengan durasi 174 detik.

Potensi bahaya dari gunung yang ditetapkan berstatus Siaga (Level III) sejak 5 November 2020 itu saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara barat daya sejauh 3 kilometer ke arah Sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com, Twitter BPTTKG

Share    

IDWS Promo