IDWS.ID

Berita Nasional

Anies Baswedan: Jakarta Tuan Rumah Formula E 2020

16 Jul 2019

IDWS, Selasa, 16 Juli 2019 - Gubernur DKI Anies Baswedan baru saja mengumumkan bahwa Jakarta akan jadi tuan rumah ajang balap Formula E pada tahun 2020 nanti.

 

 

Berbeda dengan Formula 1, ajang Formula E memang paling konsisten menggelar balapan di sirkuit jalan raya. Selain lebih mudah dari segi infrastruktur, penyelenggaraan balapan di sirkuit jalan raya juga bertujuan mendekatkan diri ke para penonton. 

Hampir semua sirkuit jalan raya yang jadi ajang balap dunia berlokasi di pusat kota. 

Di Indonesia, wacana untuk menggelar ajang balap skala dunia di sirkuit jalan raya pernah beberapa kali muncul.  Dimulai saat masih eksisnya ajang balap A1 sekitar satu dekade silam. Pada 2009, Indonesia sempat berencana menggelar balap jalan raya di ajang A1. Ketika itu, lokasi yang dipilih adalah di Lippo Village, Karawaci, Tangerang. 

Namun pada akhirnya rencana tersebut batal. Padahal, ketika itu rancangan "layout" sirkuit jalan raya Lippo Village sudah melibatkan perancang sirkuit ternama, Hermann Tilke. Wacana untuk menggelar balap jalan raya kembali muncul pada 2017, kali ini di ajang Formula E. Pada 2017 silam, CEO Formula E, Alejandro Agag pernah mengungkapkan keinginan menggelar balapan di Indonesia untuk musim 2018/2019. 

Ketika itu, lokasi yang disebut-sebut akan dipilih berada di BSD City, Tangerang. Sirkuit jalan raya di BSD City cukup rutin menjadi lokasi penyelenggaraan ajang balap skala nasional. Namun seperti saat ingin menghelat A1 tahun 2009, wacana menggelar balapan Formula E di BSD City tak terealisasi.

 


Artikel Asli

Share    

IDWS Promo