IDWS.ID

Berita Internasional

BREAKING: Ratu Elizabeth II, Pemimpin Terlama Kerajaan Inggris Raya, Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

09 Sep 2022

Ratu Elizabeth II yang merupakan pemimpin Kerajaan Inggris terlama dalam sejarah, meninggal dunia pada 8 September 2022 wakyu Inggris atau 9 September 2022 WIB.

IDWS, Jumat, 9 September - Ratu Elizabeth II yang lahir pada 21 April 1926, telah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun lamanya di mana 15 orang berbeda telah menduduki jabatan Perdana Menteri Inggris dalam era kepemimpinan sang ratu.

Istri dari mendiang Pangeran Philip — yang lebih dulu meninggal pada 9 April 2021 — itu dilaporkan oleh Keluarga Kerajaan Inggris meninggal dengan tenang di Balmoral. Dengan meninggalnya sang ratu, maka putranya Pangeran Charles kini resmi menjadi Raja dari Kerajaan Inggris Raya.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun, meninggalkan empak anak, delapan cucu, dan 12 cicit.

Tugas terakhir yang ia laksanakan adalah mengangkat secara resmi Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru pada Selasa (6/9/2022) lalu. Ratu Elizabeth II yang biasanya tampak prima dan ceria, akhir-akhir ini memang didera masalah mobilitas hingga harus membatalkan banyak acara serta berjalan menggunakan tongkat bantu — termasuk saat pengangkatan Liz Truss. Selain itu pada Februari lalu, sang ratu juga sempat terkena COVID-19.

Pada Kamis (8/9/2022) pagi waktu Inggris, kesehatan Ratu Elizabeth II dikabarkan sudah menurun hingga membuat tim dokter kerajaan cemas lalu merekomendasikan kepada sang ratu agar tetap berada di bawah pengawasan medis. Istana Buckingham lalu mengumumkan kondisi kesehatan ratu yang mencemaskan, membuat berbagai siaran televisi di Inggris berhenti mendadak untuk mewartakan kondisi kesehatan sang ratu. Selain itu rakyat Inggris pun mulai mengerumuni Istana Buckingham untuk mendapatkan update terbaru dari istana mengenai ratu mereka.

Seiring dengan semakin menurunnya kondisi sang ratu, para keturunannya seperti keempat anaknya Pangeran Charles, Pangeran Andrew, Putri Anne, dan Pangeran Edward kemudian cucu-cucunya Pangeran William dan Pangeran Harry bergegas menuju Balmore untuk menemui Ratu Elizabeth  II.

Ditemani oleh para keturunannya, Ratu Elizabeth meninggal dunia dengan tenang. Kepergian sang ratu diumumkan oleh Istana Buckingham dan Keluarga Kerajaan Inggris.

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, Inggris pun memasuki masa berkabung selama 10 hari. Seiring dengan persiapan pemakaman sang ratu, proses untuk pengangkatan pemimpin Kerajaan Inggris Raya yang baru langsung dimulai. Putra Sulung Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, yang kini berusia 73 tahun, menjadi penerus dari ibunya dengan segera.

Indowebster mengucapkan bela sungkawa bagi Keluarga Kerajaan Inggris dan rakyat Inggris yang telah ditinggalkan oleh seorang ratu yang luar biasa. Rest in Peace, Queen.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo