IDWS.ID

Berita Internasional

Dari Kyiv Membawa Perdamaian, Presiden Jokowi Telah Tiba di Moskow Pada Kamis Ini

30 Jun 2022

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di ibukota Rusia, Moskow, pada Kamis (30/6/2022) dan dijadwalkan akan bertemu dengan presiden Rusia, Vladimir Putin di Kremlin.

IDWS, Kamis, 30 Juni 2022 - Berita akan tibanya Presiden Jokowi di Moskow diunggah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana lewat Instagram Story-nya pada Kamis hari ini.

Menurut Ari Dwipayana yang ikut dalam rombongan terbatas Presiden Jokowi ke Moskow, Jokowi tiba di ibukota Rusia itu menaiki pesawat Garuda Indonesia GIA-1 pada pukul 11.00 waktu setempat.

"Presiden Jokowi mendarat di Moskow untuk misi perdamaian," demikian tulis Ari Dwipayana dalam videonya, dikutip dari detikcom.

Dalam video yang diunggah Dwipayana, terlihat juga kibaran bendera Merah Putih berdampingan dengan bendera Rusia di bandara menyambut kedatangan Jokowi.

Presiden Jokowi dan rombongan disambut oleh pejabat Federasi Rusia yang terdiri dari Kepala Protokol Negara Deferasi Rusia Igor Vildorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Mikhail Bogdanov.

 

Presiden Jokowi tiba di Moskow, Rusia (Foto: detikcom/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain itu ada juga Duta Besar RI untuk Moskow yakni Jose Antonio Morato Tavares dan istrinya, serta Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istru.

Dari bandara, Jokowi dan ibu negara Iriana bersama rombongan bertolak menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin tempat di mana Vladimir Putin sudah menunggu.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan terbatas bertolak ke Moskow dari Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia. Jokowi berangkat sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan ke Moskow yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

Dari Kyiv ke Moskow

Sebelum menyambangi Rusia, Presiden Jokowi dan rombongan telah terlebih dahulu datang ke Ukraina. Jokowi bahkan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv di mana keduanya membicarakan berbagai topik mengenai perang antara Rusia-Ukraina terutama terkait solusi menuju perdamaian antar kedua pecahan Uni Sovyet tersebut, dan keberlangsungan ekspor produk-produk agrikultur Ukraina yang saat ini terhalang oleh blokade laut dari Rusia.

 

Presiden Jokowi berbicara empat mata dengan Volodymyr Zelensky membahas pemberhentian perang Rusia-Ukraina serta melanjutkan ekspor agrikultur Ukraina yang terhenti pasca perang meletus pada Februari lalu. (IG @Jokowi)

Kepada Zelensky, Jokowi telah menawarkan diri untuk membawakan pesan-pesan yang ingin ia sampaikan kepada Putin.

"Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula," tulis Jokowi melalui akun Instagram resminya @jokowi, Kamis (30/6/2022).

Jokowi menuturkan, Ukraina sangat penting bagi rantai pasok pangan dunia. Karena itu, menurutnya penting untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina.

"Dan Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut," papar Jokowi.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo