IDWS.ID

Berita Internasional

Presiden Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Presiden Ukraina, Zelensky, di Kyiv. Apa yang Mereka Bicarakan?

30 Jun 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi pemimpin negara Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina untuk menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pasca meletusnya perang antara Rusia vs. Ukraina pada 24 Februari 2022.

IDWS, Kamis, 30 Juni 2022 - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menemui Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky di Kyiv, Ukraina, pada Rabu (29/6/2022) kemarin sebagai wujud kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Ukraina, sekaligus memperingati 30 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Ukraina, melansir akun Instagram resmi Presiden Jokowi @jokowi.

 

Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky di Kyiv, Ukraina, pada Rabu (29/6/2022). (IG @jokowi).

Presiden Jokowi tiba di Kyiv dari Polandia pada Rabu pagi waktu setempat menaiki moda transportasi kereta api dari Polandia,

Zelensky mengapresiasi kunjungan langsung Jokowi ke Kyiv, yang ia ungkapkan lewat unggahan video di Instagram resminya @zelensky_official pada Rabu (29/6/2022) WIB.

"Kunjungan dari rekan-rekan kami tak pernah berhenti. Hari ini, saya bertemu dengan Presiden (Republik Indonesia) Joko Widodo di Kyiv. Saya sangat bersyukur bahwa dalam masa sulit seperti ini bagi negara kami, kami merasakan dukungan dari negara dan rakyat Indonesia," tulis akun @zelensky_official dalam caption video pertemuan Zelensky dengan Jokowi.

 

Presiden Jokowi berbicara empat mata dengan Volodymyr Zelensky membahas pemberhentian perang Rusia-Ukraina serta melanjutkan ekspor agrikultur Ukraina yang terhenti pasca perang meletus pada Februari lalu. (IG @Jokowi)

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina kali ini adalah membawa misi perdamaian antara Rusia dengan Ukraina di mana beliau berharap agar perang antara kedua negara pecahan Uni Sovyet itu segera berakhir. nantinya, Jokowi akan membawa pesan-pesan serta negosiasi dari Zelensky kepada Presiden Ukraina, Vladimir Putin yang akan segera ia temui.

Dalam video lainnya, akun @zelensky_official membahas topik pembicaraan antara Jokowi dan Zelensky pada Rabu kemarin.

Ukraina sangat mengapresiasi dukungan dari rakyat Indonesia dan dukungan pribadi dari Joko Widodo di saat perang bagi kebebasan dan kemerdekaan negara kami. Dalam negosiasi, kami mendiskusikan pemberhentian blokade Rusia atas pelabuhan-pelabuhan laut Ukraina dan melanjutkan eksport produk-produk agrikultur Ukraina, serta prospek rekonstruksi pasca perang di Ukraina. Kami setuju untuk meluncurkan rezim bebas-visa antara Ukraina dengan Indonesia. Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam hubungan diplomatik ini, sekaligus kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak dimulainya perang skala penuh Rusia.

Negosiasi pemberhentian blokadi pelabuhan-pelabuhan laut di Ukraina ini sangat penting bagi dunia dan juga Indonesia. Ukraina adalah salah satu pemasok gandum utama di Indonesia, namun blokade laut atas pelabuhan-pelabuhan Ukraina membuat ekspor gandum Ukraina terhenti dan mengancam ketahanan pangan global.

Joko Widodo merupakan ketua Group of Twenty (G20) dan satu dari enam pemimpin yang ditujuk PBB sebagai perwakilan dari Kelompok Tanggap Krisis Global, yang dibentuk untuk mengatasi ancaman kelaparan dan krisis yang ditimbulkan oleh perang di Ukraina.Presiden Jokowi juga mengundang Zelensky untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin G20 di Bali pada bulan November mendatang.

 

Presiden Jokowi bertolak ke Moskow usai berkunjung ke Kyiv. (IG @Jokowi)

Setelah kunjungannya ke Ukraina, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat ke Kota Przemysl, Polandia, menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv.

Rombongan kemudian menuju Stasiun Przemysl Glowny yang terletak di kota Przemysl, Polandia. Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk melanjutkan kunjungannya ke Moskow, untuk menemui Presiden Rusia Vladimir Putin yang dijadwalkan hari ini Kamis (30/6/2022).

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: @zelensky_official, @jokowi

Share    

IDWS Promo