IDWS.ID

Berita Internasional

Tencent Dilarang Rilis Aplikasi Baru dan Mengupdate Aplikasi Lama Oleh Pemerintah China Tanpa Izin

25 Nov 2021

Pemerintah China melarang Tencent Holdings untuk mengupdate aplikasi mobile lama atau merilis aplikasi baru tanpa izin dan inspeksi dari regulator.

IDWS, Kamis, 25 November 2021 - Melansir laporan dari media finansial yang dibeking pemerintah China, Yicai, raksasa sosial media dan industri gaming Tencent pada Rabu (24/11/2021) kemarin diwajibkan untuk ke depannya menyetorkan update untuk aplikasi lama atau aplikasi baru yang hendak diluncurkan kepada Kementerian Industri dan Teknologi Informasi (MIIT) China untuk diinspeksi terlebih dahulu.

Perintah ini muncul setelah pemerintah China disinyalir menemukan beberapa kasus di mana aplikasi-aplikasi Tencent melanggar privasi serta hak para penggunanya.

Yicai juga menambahkan bahwa MIIT juga mewajibkan agar seluruh aplikasi mobile milik Tencent dan updatenya akan menjalani pemeriksaan menyeluruh selama kurang lebih 7 hari pada tenggat 24 November-31 Desember.

Melansir pemberitaan gadgets.ndtv.com, Tencent telah merespon akan pemberitaan tersebut dengan menyatakan bahwa seluruh aplikasi mobilenya masih dapat diunduh dan digunakan. Tencent juga menegaskan akan bekerjasama dengan pemerintah China serta regulator untuk memastikan seluruh aplikasinya sesuai dengan regulasi pemerintah.

Pemberitaan ini semakin mempertegas keseriusan Pemerintah China dalam mendisiplinkan perusahaan-perusahaan teknologinya yang telah berjalan selama kurang lebih satu tahun terakhir. Menurut pemerintah China, para perusahaan teknologi tersebut melakukan praktik monopoli serta melanggar hak serta privasi pelanggannya.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo