IDWS.ID

Berita Internasional

Insiden Pembakaran Kereta Kembali Terjadi di Jepang, Tiru Aksi Serupa di Hari Halloween Bulan Lalu

08 Nov 2021

Kembali terjadi di Tokyo, seorang pria berusaha membuat teror di dalam kereta. Mengerikannya, ia mengaku terinspirasi dari insiden yang terjadi di Hari Halloween belum lama ini.

IDWS, Senin, 8 November 2021 - Pada 31 Oktober 2021, bertepatan dengan Pemilu Jepang sekaligus Hari Halloween sedunia, terjadi sebuah teror di dalam kereta yang melaju di jalur kereta Keio di Tokyo, Jepang, menyebabkan 17 orang terluka dan satu orang mengalami luka berat. Tak hanya itu, pelaku yang mengenakan pakaian ala Joker dari film layar lebar Batman The Dark Knight itu juga sempat berusaha membakar kereta meski akhirnya digagalkan petugas.

Dan rupanya, aksi nekat pelaku dari aksi kriminal itu rupanya "menginspirasi" terjadinya kasus serupa.

Pada Senin (8/11/2021) pagi waktu Jepang, terjadi insiden dalam kereta Sakura 401 Shinkansen yang tengah melaju ke arah selatan di jalur kereta Kagoshima di Pulau Kyushu. Tak lama setelah melewati Stasiun Kumamoto, seorang penumpang di gerbong nomor 3 — seorang pria berusia lanjut — mulai menyiramkan cairan mudah terbakar ke lantai kereta sebelum kemudian ia membakar setumpuk kertas menggunakan korek gas dan menjatuhkannya ke cairan di lantai kereta.

 

Pelaku pembakaran kereta (dua dari kiri, bertopi) di jalur Kagoshima, Jepang, pada Senin (8/11/2021) pagi waktu Jepang. (NHK News Web)

Para penumpang lainnya langsung berhamburan ke gerbong lain seiring dengan berbunyinya alarm kereta. Seorang kondektur kereta dengan sigap langsung mematikan api dengan sebuah tanki pemadam darurat sebelum api sempat menyebar, sehingga tidak ada penumpang yang terluka. Polisi kemudian masuk ke kereta dan menahan pelaku yang diidentifikasi sebagai seorang kakek berusia 69 tahun bernama Kiyoshi Miyake, warga Kota Fukuoka.

Satu jam berselang, layanan kereta kembali berfungsi seperti sedia kala.

Melansir laporan SoraNews24 mengutip NHK News Web via Jin, FNN Prime Online, Kiyoshi Miyake mengakui bahwa ia memang ingin membakar kereta.

"Saya berpikir untuk menirukan apa yang terjadi di (jalur kereta) Keio bulan lalu," katanya saat diinterogasi, mereferensikan insiden di mana seorang pria berpakaian ala Joker berusaha membakar kereta serta sempat melukai 18 orang penumpang di jalur kereta Keio di Jepang pada akhir Oktober lalu.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo