IDWS.ID

Berita Internasional

Sah! Putri Mako Resmi Lepas Gelar Kerajaan Jepang Demi Menikahi Pria dari Kaum Rakyat Biasa

26 Oct 2021

Putri Mako asal Jepang akhirnya menikahi kekasihnya yang berasal dari kalangan rakyat biasa dan melepaskan gelar kerajaannya, berujung pada perpecahan opini publik Jepang.

IDWS, Selasa, 26 Oktober 2021 - Setelah bertunangan selama 8 tahun lamanya, Putri Mako (30) mengikat janji suci dengan tunangannya, Kei Komuro (30) di Tokyo, Jepang, pada hari Selasa (26/10/2021) waktu Jepang dalam sebuah upacara sederhana tanpa gemerlap pesta kerajaan.

Dengan begitu Putri Mako yang sebelumnya bergelar Putri Akishino, kini resmi telah melepas gelar kerajaan tersebut dan beralih nama menjadi Mako Komuro, mengikuti marga suaminya.

 

Putri Mako (kiri) resmi melepas gelar kerajaannya dan menikahi kekasihnya yang berasal dari kalangan rakyat biasa, Kei Komuro. (Getty Images)

Upacara pernikahan antara Mako dengan Kei Komuro dihadiri oleh kedua orangtuanya, yakni Putra Mahkota Akishino dan Putri Mahkota Kiko, serta adik perempuannya Putri Kako. Seusai upacara, Mako mengumumkan pernyataan bahwa ia meminta maaf atas segala kesulitan yang diakibatkan oleh pernikahannya, mengacu pada skandal finansial yang melibatkan ibu Kei Komuro dengan keluarga dari mantan tunangan Kei dan berujung pada dibatalkannya pernikahan Mako dengan Kei tiga tahun lalu.

 

Putra Mahkota AKishino (berdiri, kiri) bersama dengan istrinya Putri Mahkota Kiko dan putri bungsu mereka Putri Kako melambaikan tangan kepada Putri Mako di dalam mobil usai upaara pernikahan Putri Mako dengan Kei Komuro pada Selasa (26/10/2021). (AP Photo)

Selain meminta maaf, Mako yang sempat mengalami PTSD terkait skandal yang menimpa pasangannya, juga mengkritik media karena memberitakan "informasi palsu" terkait skandal tersebut dan mengakibatkan dirinya mengalami stress.

Akibat skandal tersebut, Putra Mahkota Akishino meminta Kei Komuro menyelesaikan masalah keluarganya terlebih dahulu sebelum menikahi putrinya, Mako. Seiring dengan meredupnya pemberitaan akan skandal tersebut, Kei Komuro dilaporkan melanjutkan studi hukum di AS dan baru-baru ini lulus dari Universitas Fordham di New York serta mendapatkan pekerjaan di kota tersebut.

 

Putri Mako yang kini bernama Mako Komuro, melambaikan tangan ke wartawan usai menjalani upacara pernikahan di Tokyo pada Selasa (26/10/2021). (The Asahi Shinbun via Getty Images)

Ia kembali ke Tokyo pada bulan lalu dan mengumumkan akan menikahi Mako. Tidak jelas apakah skandal finansial yang menimpa ibunya telah selesai atau tidak.

Kini setelah menikah, Kei dan Mako diprediksi akan pindah ke New York dan menetap di sana.

 

Putri Mako (Mako Komuro) dan suaminya, Kei Komuro. (Getty Images/AP)

Mako dan Komuro pertama kali bertemu di International Christian University di Tokyo. Mako sendiri adalah keponakan dari Kaisar Naruhito. Ayah Mako, Putra Mahkota Akishino disiapkan untuk mewarisi takhta kekaisaran Jepang karena Kaisar Naruhito hanya memiliki satu anak — seorang putri, sedangkan wanita tidak diperbolehkan mewarisi takhta kekaisaran. Sedangkan dengan usia istri Kaisar, Masako, yang sudah berusia 57 tahun, kecil kemungkinan akan muncul putra mahkota baru.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Dailymail

Share    

IDWS Promo