IDWS.ID

Berita Internasional

Seorang Walikota di Jepang Banjir Kritikan Karena Gigit Medali Emas Milik Atlet di Saat Pandemi COVID-19

13 Aug 2021

Atlet peraih medali emas asal Jepang, Miu Goto (20), akan menerima medali baru setelah medali emas yang ia peroleh dengan susah payah di Olimpiade Tokyo 2020 digigit oleh seorang walikota lokal.

IDWS, Jumat, 13 Agustus 2021 - Sontak, netizen Jepang dan dunia ramai-ramai mengkritik walikota tersebut karena tindakannya dianggap tidak higienis di masa pandemi COVID-19 seperti ini, sekaligus tidak sopan terhadap sang atlet. Tak lama kemudian, istilah "Germ Medal" atau "Medali Kuman" jadi trending di sosial media di Jepang.

Takashi Kawamura, walikota yang mengigit medali emas milik Miu Goto itu telah meminta maaf atas tindakannya tersebut dan berkilah medali itu tidak rusak namun ia telah menawarkan untuk menggantinya.

Aksi Kawamura itu terjadi pada 4 Agustus 2021 ketika Miu Goto berkunjung ke Balai Kota Nagoya untuk melaporan kemenangannya. Di sanalah ia bertemu dengan Kawamura, di mana kemudian sang walikota membuka maskernya lalu mengigit medali emas milik Mai Goto untuk berfoto.

 

Walikota Nagoya, Takashi Kawamura yang kebanjiran kritik karena menggigit medali emas milik atlet softball Jepang, Mai Goto. (Foto: Mainichi/Masakatsu Oka)

Dan rupanya masalah Kawamura bukan hanya sekedar menggigit medali saja. Kawamura terekam kamera meminta Mai Goto mengalungkan medali ke leher sang Walikota, kemudian melontarkan candaan yang dianggap merupakan pelecehan seksual.

"Apakah kamu dilarang memiliki hubungan romantis?" Tanya Kawamura.

Setelah awalnya menyangkal, Kawamura akhirnya mengakui bahwa gestur dan kalimatnya memang tidak pantas, sehingga kemudian meminta maaf.

 

 

"Saya sangat menyesal membuatnya (Mai Goto) merasa tidak nyaman dengan candaan saya. Ketika saya menanyakan kepada anak muda apakah mereka punya pacar, itu biasanya membuat mereka lebih rileks. Sebagai seorang walikota, penting bagi saya membuat lawan bicara merasa nyaman," kata Kawamura seperti dilansir dari Japan Times.

Kawamura juga mengaku telah berkoordinasi dengan Komite Internasional Olimpiade dan Komite Organisir Olimpiade Jepang (IOC) untuk mengganti medali Mai Goto dengan yang baru.

Mai Goto adalah pemain softball bagi kontingen Jepang di mana ia berposisi sebagai pitcher. Ia menghantarkan Jepang meraih medali emas setelah mengalahkan Amerika Serikat 2-0 di laga final Olimpiade Tokyo.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo