IDWS.ID

Berita Internasional

Jepang Pecahkan Rekor Kecepatan Internet Tertinggi di Dunia, Mencapai 319 Terabits per Detik!

17 Jul 2021

Jepang mengumumkan bahwa sebuah tim yang terdiri dari para insinyur di National Institute of Information and Communication Technology (NICT) baru-baru ini meruntuhkan rekor kecepatan internet tertinggi yang sebelumnya mencapai 178 terabits per detik (Tb/s).

IDWS, Sabtu, 17 Juli 2021 - Sedangkan rekor baru ini jauh melampaui pendahulunya hingga kurang lebih dua kali lipat, menembus kecepatan mencapai 319Tb/s. Tak hanya itu, tim tersebut juga mampu mempertahankan kecepatan setinggi itu dalam jarak mencapai 3.001 ribu km tanpa penurunan sama sekali. !

Tentu saja, kecepatan internet setinggi itu hanya bisa dicapai dengan sihir bernama kecanggihan teknologi serta kecerdasan manusia. Kabel yang digunakan untuk koneksi pemecah rekor itu ada kabel fiber optik 4 core "552 PDM-16QAM "wavelength division multiplexed channels."

Para insinyur yang terlibat juga memanfaatkan erbium dan thulium doped-fiber amplifier, serta distributed Raman amplification. (Jujur saja, penulis tidak paham sama sekali akan istilah tersebut jadi harap maklum).

Peningkatan kecepatan internet dari rekor sebelumnya juga dicapai berkat penggunaan band transmisi S, C, dan L di mana biasanya yang digunakan untuk koneksi jarak jauh adalah band C dan L.

Meski sudah jauh melampaui rekor sebelumnya, tim dari NICT sepertinya belum puas dan merasa masih bisa meningkatkan lagi rekor mereka. Wow! Kebanyakan di antara kita sudah senang bisa bermain gim online dan streaming video dengan lancar ya kan. Semoga kelak teknologi kecepatan internet setinggi ini bisa digunakan oleh khalayak luas, tidak hanya untuk ujicoba dan memecahkan rekor saja!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tom's Hardware

Ilustrasi: Denny Muller/Unsplash

Share    

IDWS Promo