IDWS.ID

Berita Internasional

Jepang Perketat Arus Masuk ke Negaranya Setelah Kemunculan Mutasi Corona Jenis Vietnam

01 Jun 2021

Kemunculan mutasi baru COVID-19 jenis Vietnam jadi topik hangat di Jepang, hingga ke kalangan politik seperti Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato.

IDWS, Selasa, 1 Juni 2021 - Kato menekankan beberapa hal mengenai mutasi jenis Vietnam ini yang disebutnya memiliki kemampuan infeksi yang lebih kuat.

"Kuncinya adalah tren strain mutan, yang dikatakan memiliki infektivitas yang kuat. Mengikuti jenis Inggris, dan bercampur jenis infeksi domestik India, telah dikonfirmasi, dengan bentuk mutan baru  jenis Vietnam. Oleh karena itu  pemerintah mengintensifkan rasa krisis yang cukup tinggi saat ini," papar Sekretaris kabinet Katsunobu Kato Selasa (1/6/2021), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Strain mutan yang ditemukan di Vietnam memiliki karakteristik Inggris dan India, dan Menteri Kesehatan Vietnam Ron memperingatkan bahwa itu "sangat berbahaya".

Pemerintah Jepang akan bergegas mengumpulkan dan menganalisis informasi bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lainnya.

 

Katsunobu Kato (65) Sekretaris Kabinet Jepang. (Richard Susilo)

Demikian pula pintu mausk ke Jepang terutama dari Vietnam akan semakin diperketat saat ini karena pemunculan mutan Vietnam. Artinya arus tenaga kerja Vietnam akan tersendat nantinya masuk ke Jepang.

Mengenai hal ini, Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato menjelaskan pula bahwa Orang yang terinfeksi belum dikonfirmasi di Jepang saat ini.

Sebagai hasil konfirmasi dengan pihak Vietnam, Kato mengatakan, "Tidak ada bukti efek apa pun mengenai efektivitas vaksin apabila kita terinfeksi mutan Vietnam. Harus dapat perhatian tinggi mulai saat ini."

Ada anggapan bahwa galur mutan jenis Inggris dan jenis India telah mengalir ke negara Vietnam  karena keterlambatan tindakan perbatasan pemerintah.

Kato menekankan bahwa dia ingin mengambil tindakan yang diperlukan secara fleksibel dari sudut pandang menghilangkan kecemasan publik tentang tindakan di masa depan.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tribunnews.com

Share    

IDWS Promo