IDWS.ID

Berita Internasional

Beredar Stiker Pas Foto Murid Sekolah Indonesia Di LINE Jepang

28 May 2021

IDWS.ID – Stiker digunakan untuk mengungkapkan ekspresi dalam bentuk gambar. LINE bisa dikatakan salah satu aplikasi chat yang penggunanya sering menggunakan stiker. Tapi bagaimana jika ada stiker wajah orang Indonesia namun tidak bisa diakses oleh orang Indonesia sendiri?

Warganet Jepang, lebih spesifiknya pengikut YouTuber 1,11 juta subscribers bernama Shoji di Twitter dengan nama pengguna syotyan_2525, dihebohkan dengan stiker murid SD Indonesia. Shoji mengungah tangkapan layar stiker anak SD dengan cuitan “Aku habis membeli stiker LINE bocah dari suatu negara, tapi tidak ada yang menanggapi.

Wajah kami sensor untuk mencegah masalah privasi - sumber.

Setelah ditelusuri oleh pengguna Twitter _R_T_H, nama stiker tangkapan layar Shoji berjudul STKOM Face 06. Dijual dengan harga 120 yen, stiker tersebut memiliki deskripsi “only fools people who buy these stickers” yang artinya hanya orang bodoh yang membeli stiker ini. STKOM Face 06 dibuat oleh Bugy Agung Nugraha.

Tangkapaan layar STKOM Face 06 - sumber.

Stiker buatan Bugy hanya bisa diakses oleh pengguna dengan IP Jepang saja. Hal ini menimbulkan pertanyaan kenapa ia tidak membuka akses stiker tersebut untuk IP Indonesia. Sumber foto yang ia buat stiker juga tidak diketahui dari mana asalnya. Diakses dengan IP Jepang, ternyata total ada 115 sticker packs yang sebagian besar adalah pas foto murid sekolah Indonesia.

Quote Tweet orang Indonesia beragam, ada yang menanggapinya dengan bercanda karena dirasa lucu, namun ada pula yang menanggapinya dengan nada kritis. Pengguna Twitter rafidwiriz mencuit Quote Tweet, “Indonesian privacy issue in a nutshell” yang berarti “secara singkatnya, inilah masalah privasi di Indonesia”.

(IDWS/ deJeer)

Share    

IDWS Promo