IDWS.ID

Berita Internasional

Netflix Tawarkan Beasiswa Penuh Bagi Pendidikan Animator di Jepang, Orang Luar Juga Boleh Mendaftar!

13 Feb 2021

Raksasa streaming asal Amerika Serikat (AS), Netflix, bekerjasama dengan studio yang menggarap anime Attack on Titan maupun Ghost in the Shell untuk membuka sekolah animasi.

IDWS, Sabtu, 13 Februari 2021 - Sejak memasuki pasar Jepang, Netflix memang langsung menjadikan anime sebagai salah satu pilar utamanya dalam membuat konten. Hal ini disebabkan oleh kesuksesan berbagai judul anime yang ditayangkan Netflix ke luar Jepang.

Melihat prospek cerah dari anime, Netflix baru-baru ini juga mengumumkan produksi dari anime baru Godzilla, berjudul Godzilla Singular Point.

Dan kini, sepertinya Netflix tak puas hanya dengan menciptakan anime, mereka kini ingin juga menciptakan animator.

WIT Studio — yang mengerjakan tiga season pertama dari anime Attack on Titan, mengumumkan dibentuknya WIT Animator Academy yang bertempat di Institut Pelatihan Video Sasayuri (dikenal sebagai Sasayuri Cafe) di daerah Nishiogikubo, Tokyo, Jepang. Akademi animator ini menawarkan program studi berdurasi 6 bulan yang terdiri dari lima kelas setiap pekannya.

 

(SoraNews24)

Murid-murid yang telah menyelesaikan program studi di WIT Animator Academy ini kemudian akan menjadi animator kontrak bagi anime orisinil Netflix yang nantinya akan diproduseri oleh WIT atau studio saudaranya, Production I.G.

Yang menarik tentunya adalah, Netflix memberi beasiswa penuh mulai dari biaya pendidikan hingga akomodasi sehari-hari bagi peserta didik. Wow!

Penawaran yang terkesan murah hati ini tentunya ada batasannya. Dari laporan SoraNews24, baik WIT Studio dan Netflix hanya mencari sekitar 10 animator saja. Sedikitnya jumlah tersebut berarti akademi ini memang serius untuk mencetak animator andal dengan tenaga pengajarnya dapat mencurahkan fokus yang cukup untuk setiap murid.

Kurikulum di WIT Animator Academy dikembangkan oleh Hitomi Tateno, yang telah bekerja sebagai animation checker bagi Studio Ghibli — salah satu studio animasi paling terkenal di Jepang dan dunia. Kurikulum yang ia rancang memastikan hasil animasi yang mengalir serta klasik nan artistik seperti Spirited Away, Howl's Moving Castle, atau Kiki's Delivery Service.

 

(SoraNews24)

Angkatan pertama WIT Animator Academy akan dimulai pada April hingga September 2021. Para calon murid diharuskan berusia antara 18-25 tahun dan lulus dari SMA paling lambat pada Maret 2021. Kefasihan berbahasa Jepang tidak menjadi syarat mutlak selama peserta didik "bisa bercakap-cakap di kehidupan sehari-hari" dalam Bahasa Jepang. Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi tautan berikut ini.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: WIT Studio, SoraNews24

Share    

IDWS Promo