IDWS.ID

Berita Internasional

AS Resmi Ambil Langkah Pengunduran Diri dari WHO

08 Jul 2020

Pihak Administrasi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah mengatakan kepada kongres AS bahwa Amerika Serikat secara formal telah mengambil langkah pengunduran diri dari Badan Kesehatan Dunia PBB atau WHO

IDWS, Rabu, 8 Juli 2020 - Berita tersebut datang seiring dengan meningkatnya jumlah kematian di AS akibat virus corona baru COVID-19 menjadi 130 ribu kematian dan kasus pasien positif mencapai 3 juta orang.

Sebelumnya pada Mei lalu, Trump telah menyatakan akan mundur dari WHO setelah berkali-kali ia menuduh organisasi di bawah naungan PBB itu terlalu berpihak pada China dan gagal melindungi negara-negara lain dari pandemi COVID-19 yang disinyalir berasal dari Negeri Panda itu. Namun baru kali ini langkah nyata untuk mundur dari keanggotaan WHo benar-benar direalisasikan oleh Negeri Paman Sam.

 

 

Berita bahwa AS telah mundur dari WHO disampaikan oleh Senator Robert Mendendez (D.N.J) yang merupakan anggota dari Komite Relasi Luar Negeri AS lewat Twitter, di mana pada kesempatan yang sama ia menyebut keputusan tersebut tidak melihat jangka panjang serta beresiko.

Admnistrasi Trump juga menyampaikan bahwa pengunduran diri AS dari WHO akan dilaksanakan secara penuh pada Juli 2021, yang berarti presiden terpilih AS berikutnya — antara Trump atau Joe Biden, masih bisa membatalkan pengunduran diri dari WHO tersebut.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Dailymail

Share    

IDWS Promo