IDWS.ID

Science

[Video] Seberapa Cepat Sih Kecepatan Cahaya Itu?

03 Oct 2019

IDWS, Kamis, 3 Oktober 2019 - Kamu mungkin pernah mendengar istilah kecepatan cahaya, yang seringkali diartikan sebagai seberapa jauh jarak yang ditempuh cahaya bila melaju pada garis lurus dalam satu detik.

Mengetahui angka dari kecepatan cahaya biasanya membuat orang terbelalak. Yup, mungkin tidak ada lagi benda atau makhluk hidup yang bisa melebihi kecepatan cahaya di alam semesta kita. Mengutip wikipedia, kecepatan cahaya sendiri mencapai 299.792.458 meter per detik.

Dengan kecepatan tersebut, cahaya mampu mengelilingi garis khatulistiwa Bumi sebanyak 7,5 putaran dalam satu detik. Mencengangkan bukan? Ya, jika dilihat dari sudut pandang manusia.

Namun mungkin kalian akan terkejut apabila mengetahui seberapa "pelan" kecepatan cahaya bila dilihat dari sudut pandang lain, yakni sudut pandang alam semesta.

Mengambil contoh Bumi dan Bulan yang berjarak 384.400 kilometer (sekedar informasi, diameter Bumi hanyalah 12.742 kilometer). Cahaya hanya butuh waktu 1,255 detik untuk menempuh jarak sejauh itu. Masih sangat cepat untuk sudut pandang kita? Kita terbang lebih jauh lagi, kali ini ke Planet Mars.

Dengan jarak antara kedua planet yang mencapai 54,6 juta kilometer, dibutuhkan tiga menit lebih dua detik bagi cahaya untuk menempuh jarak tersebut. Dari sini mulai terasa bahwa cahaya "terlihat" tidak secepat yang kita bayangkan. Namun sekali lagi, jangan lupa bahwa kita mencoba melihatnya dari sudut pandang alam semesta. Untuk lebih jelas membandingkannya, kalian bisa melihat video di bawah ini.

 

 

Bagaimana, menarik bukan? Cahaya merupakan salah satu hal yang paling kita abaikan di Bumi ini, selain udara. Mereka selalu ada dalam kehidupan kita, namun mungkin artikel ini baru membuat kalian menyadari kecepatan cahaya yang sesungguhnya.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Interesting Engineering via YouTube/Dr James O'Donoghue

Share    

IDWS Promo