IDWS.ID

Science

Bukan UFO atau Alien, Lingkaran Ini Hasil Eksperimen Selama Hampir 50 Tahun di Jepang

26 Dec 2018

IDWS, Rabu, 26 Desember 2018 - Lingkaran-lingkaran tanaman seringkali dikaitkan dengan berbagai teori oleh masyarakat seperti pendaratan UFO atau suatu upaya dari alien untuk berkomunikasi dengan kita. Jadi bayangkan apa yang kalian rasakan ketika melihat foto-foto desain geometrik yang baru-baru ini muncul di sebuah hutan di Jepang ini.

 

 

Yang membedakan dengan pola geometrik pada umumnya adalah, di Jepang pola-pola tersebut terbentuk dari sekumpulan pohon cedar dewasa, bukan gandum.

Sihir luar angkasa macam apa ini? Eits, tunggu dulu. Kalau kamu pemuja teori makhluk luar angkasa atau alien, kamu pastinya kecewa. Yap, pola lingkaran geometrik tersebut merupakan buatan manusia. Namun tak usah terlalu kecewa karena dibalik pola tersebut terdapat fakta yang mencengangkan.

 

 

Kembali pada tahun 1973, beberapa ilmuwan memulai sebuah proyek eksperimental kehutanan dengan tujuan mempelajari efek dari jarak antar pohon atau tanaman pada pertumbuhan mereka. Para ilmuwan tersebut lalu menanam bibit-bibit pohon cedar secara melingkar di sebuah hutan dekat kota Nichinan di Prefektur Miyazaki, di mana lingkaran-lingkaran yang lebih kecil setahap demi setahap mengembang ke radius yang lebih lebar dan pada akhirnya menciptakan 10 "cincin" pohon yang melingkar sempurna.

 

 

Seperti yang bisa kamu lihat pada foto di atas, eksperimen tersebut menunjukkan hasil yang jelas. Permukaan lingkaran yang cekung menunjukkan bahwa lingkaran-lingkaran luar dengan kepadatan pohon yang lebih sedikit mendorong pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan lingkaran-lingkaran tengah. Semakin menengah lingkaran pohon cedar, memang semakin padat dan sempit jarak antar pohon dan mereka pun tumbuh menjadi lebih pendek dibandingkan pohon-pohon cedar di lingkaran luar.

 

 

Logikanya sederhana saja. Semakin sedikit jumlah pohon, jumlah sumber daya yang dapat diserap tiap pohon jadi lebih banyak. Ditambah dengan jarak antar pohon di lingkaran-lingkaran luar yang lebih jauh, membuat setiap pohon tidak perlu berebut sumber daya atau makanan di dalam tanah, memicu pertumbuhan mereka jadi lebih tinggi dibandingkan pohon-pohon di lingkaran yang lebih kecil di tengah.

 

 

Pohon-pohon cedar ini sebentar lagi akan siap untuk dipanen kayunya, menandakan eksperimen yang telah berlangsung selama 45 tahun ini akan segera usai. Tapi hasil yang diluar dugaan berupa pola lingkaran geometrik terlihat sangat cantik dan elegan mungkin bisa dipertimbangkan untuk dipertahankan, dan bukan tidak mungkin bakal menarik minat turis nantinya. Hal yang sama juga bisa diterapkan di Indonesia mungkin? Bagaimana pendapat kalian? (Stefanus/IDWS)


Sumber:boredpanda

Share    

IDWS Promo