IDWS.ID

Gadget

Sony Ciptakan AC Mini Personal yang Diklaim Dapat Mendinginkan Tubuh Saat Bepergian

01 Aug 2019

IDWS, Kamis, 1 Agustus 2019 - Empat tahun lalu, Sony meluncurkan platform crowdfunding untuk mendanai proyek-proyek spesifiknya. Platform yang disebut First Flight itu ditujukan untuk membantu perusahaan tersebut memperoleh profit dan di saat yang sama masih dapat mengeksplorasi ide serta konsep bisnis di luar bisnis utamanya.

 

(Laman crowdfunding First Flight)

Sony baru-baru ini meluncurkan sebuah proyek baru yakni personal air conditioner, atau AC personal yang disebut Reon Pocket. Meski saat ini baru diluncurkan eksklusif di Jepang, perangkat kecil itu telah memenuhi target crowdfunding sebensar 66 juta yen (8,5 miliar rupiah).

Bagi warga Amerika Serikat atau Eropa mungkin baru tahun ini merasakan cuaca panas akibat gelombang panas hebat yang melanda wilayahnya. Kepopuleran Reon Pocket disebabkan adanya tren cuaca panas yang membuat banyak orang-orang tak betah berada di luar ruangan, membuat Sony mencium adanya peluang bisnis di sana.

 

 

Video di atas memperlihatkan bagaimana Reon Pocket digunakan. Perangkat ini ditempelkan di belakang leher dan dilaporkan dapat mengurangi temperatur tubuh sebesar 13 derajat Celsius atau meningkatkannya sebesar 8 derajat Celsius.

Perangkat ini menggunakan apa yang dikenal sebagai Efek Peltier dalam fungsinya. Efek Peltier, yang juga disebut efek termoelektrik, merupakan penggunaan listrik untuk menciptakan perbedaan temperatur pada dua sisi Reon Pocket — meningkatkan temperatur pada satu sisi dan menurunkan temperatur sisi lainnya.

 

(Laman crowdfunding First Flight)

Reon Pocket menggunakan sebuah aplikasi smartphone untuk mengendalikan temperaturnya, sedangkan daya hidup baterai yang diklaim Sony mencapai 24 jam dilaporkan tidaklah akurat. Menurut Engadget, 24 jam yang dimaksud adalah durasi Reon Pocket menyala dalam posisi standby, bukan durasi berapa lama perangkat ini dapat mendinginkan tubuhmu yang disebut hanya mencapai 2 jam saja.

 

(Laman crowdfunding First Flight)

Masih belum diketahui apakah Sony akan menjual Reon Pocket ke luar Jepang. Perangkat ini terlihat jelas didesain untuk dipasang di kaos atau jas, dan terdapat juga kaos khusus yang dilengkapi dengan sebuah kantong kecil khusus Reon Pocket yang disediakan bagi mereka yang membayar lebih bagi crowdfunding.

 

(Laman crowdfunding First Flight)

Terdapat versi ringan yang disebut Reon Pocket Light, dengan hanya memiliki mode dasar saja. Sedangkan Reon Pocket standar memiliki mode otomatis, air volume control, dan mode kustomisasi "My Mode."

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: ExtremeTech

Share    

IDWS Promo