IDWS.ID

Gadget

Korea Utara Kini Punya Smartphone Khusus yang Hanya Bisa Menggunakan Wi-Fi dari Pemerintah Korut

02 Jul 2019

IDWS, Selasa, 2 Juli 2019 - Korea Utara seringkali dianggap ketinggalan dalam hal teknologi. Di saat mungkin benar dari beberapa sudut pandang, ternyata yang dipimpin oleh Kim Jong-un tersebut juga tak mau kalah dalam hal ponsel pintar alias smartphone.

Korea Utara (Korut) ternyata juga merintis sebuah smartphone khusus untuk negara tersebut yang diberi nama Pyongyang 2425. Menurut Daily NK yang berhasil mendapatkan smartphone tersebut, perangkat itu ternyata diproduksi di China dan memiliki fitur-fitur serta spesifikasi sekilas seperti smartphone lain yang beredar di pasaran.

 

(Istimewa/detikINET)

Para ahli memperkirakan smartphone itu diimpor dari China sebagai produk jadi sebelum kemudian software dari pemerintahan Korut ditanamkan di dalamnya, dikutip dari detikINET dari Mirror, Senin (1/7/2019).

Pyongyang 2425 dilengkapi chip buatan MediaTek, serta prosesor MT6771 yang kinerjanya tak kalah dari Samsung Galaxy A9. Dari segi RAM, smartphone ini punya kapasitas 8GB serta ROM hingga 32GB.

Perangkat tersebut juga dilengkapi fitur pengenalan wajah dan bisa diisi ulang secara nirkabel. Akan tetapi ada beberapa keterbatasan di dalamnya. Dilansir dari The Sun,  Pyongyang 2425 tak bisa terhubung ke Wi-Fi di luar area Korut dan hanya bisa menggunakan jaringan Wi-Fi yang disediakan pemerintahan Korut.

Software atau aplikasi yang bisa diinstall ke dalam Pyongyang 2425 antara lain aplikasi belajar bahasa China dan Inggris, ensiklopedia dengan izin pemerintah serta aplikasi cuaca. Ada juga aplikasi perpustakaan yang tampilannya mirip Apple Books di mana isinya adalah bahan bacaan yang dirilis oleh pemerintah Korut.

 

(Istimewa/detikINET)

Dari iklan propaganda yang dikeluarkan oleh pemerintah, pengguna ponsel tersebut disarankan menggunakan ponselnya itu untuk bermain game, membaca buku, mendengarkan musik, karaoke, belajar memasak, dan bahkan dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil panen.

Sebagai informasi, Korea Utara memang saat ini tengah dilanda krisis pangan. Krisis tersebut menurut survei gabungan oleh PBB dan World Food Programme disebabkan oleh temperatur yang sangat tinggi, namun ada sejumlah lokasi yang mengalami bencana banjir pada musim gugur 2018 lalu.

Alhasil, menurut survei tersebut, lebih dari 10 juta penduduk Korut — dari total 25 juta penduduknya — mengalami krisis pangan.

Sebelumnya pemerintahan Korut sudah pernah memperkenalkan smartphone Pyongyang 2423 pada 2016 silam.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikINET

Share    

IDWS Promo