IDWS.ID

Books

 Breaking News

Ternyata Ebook Bikin Susah Tidur

17 May 2015

Kebiasaan seseorang sebelum tidur bermacam macam, ada yang suka mengupdate status, bermain game, bahkan membaca buku. Nah, ini dia kebiasaan yang harus dihindari sebelum kita beranjak tidur. Membaca melalui buku elektronik atau yang sering kenal dengan sebutan e-book ternyata bisa membuat tidur anda tidak nyenyak. 

 

Sebuah peneitian yang dilakukan kepada 12 anak muda mengenai aktivitas membaca buku elektronik atau e-book  sebelum tidur selama empat jam lebih. Setelah itu berlanjut ke hari berikutnya dengan memberikan bacaan buku cetak kepada 12 relawan tersebut.  




Hasil penelitian dengan melakukan pengecekan darah dari semua relawan, ternyata terdapat  perbedaan level melatonin yaitu hormon yang mengatur pola bangun dan tidur antara mereka yang membaca lewat e-book dan bacaan buku yang telah di cetak.

Penelitian yang dilakukan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences membuktikan adanya cahaya yang dipancarkan dari tablet ternyata bisa mengurangi rasa kantuk yang ada hal ini disebabkan karena cahaya menekan kadar melatonin. Nah, ini dia akibatnya usai membaca e-book para partisipan susah tidur dan merasa lelah di pagi harinya. 


Asisten profesor kesehatan biobehavioral di Penn State, Anne-Marie Chang menegaskan bahwa sebaiknya ita harus tahu dampak dari elektronik bagi kesehatan tubuh kita.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th