IDWS.ID

Health

Tidur Kurang dari Tujuh Jam Menimbulkan Kegemukan Badan

16 Apr 2015

Tidur sangat diperlukan untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian beraktivitas. Namun, benarkah kurang tidur dapat membuat seseorang mengalami penambahan berat badan?

Para peneliti di Columbia University menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap hari bobot tubuhnya cenderung semakin berat dari waktu ke waktu.

Lantas, bagaimana agar tidur dapat menurunkan berat badan Anda?
 

1. Berhenti mengemil di malam hari


 


Semakin lama Anda terjaga, maka tak menutup kemungkinan Anda akan mengonsumsi banyak kalori yang tidak diinginkan. Para peneliti di University of Pennsylvania mengatakan, selama tujuh hari mereka menemukan bahwa orang yang tidurnya terbatas (pukul 04.00-8.00) memiliki kelebihan berat badan ketimbang mereka yang cukup tidur (23.00-08.00). Hal ini karena mereka yang kurang tidur mengonsumsi 550 kalori. Jadi, jika Anda berencana menurunkan berat badan, sebaiknya tidur secepat mungkin dan hindari mengemil di larut malam.

 

2. Membakar kalori


Ketika Anda tertidur, tubuh masuk ke mode pembakaran kalori. Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa tidur normal membantu pengeluaran energi. Jumlah kalori yang terbakar saat Anda tidak bergerak adalah 5 persen lebih tinggi daripada mereka yang kelelahan. Mereka juga membakar 20 persen kalori lebih banyak setelah makan dibandingkan orang yang kurang tidur.

 

3. Meningkatkan penurunan lemak


Sebuah studi dari University of Chicago membandingkan hasil penurunan berat badan antara seseorang yang tidur 8,5 jam per malam dengan yang hanya tidur 5,5 jam per malam. Keduanya makan jumlah kalori yang sama. Hasilnya, orang yang tidur lebih dari delapan jam kehilangan sekitar 6,5kg, lebih setengah daripada mereka yang kurang tidur.

 

4. Belanja makanan sehat


Jangan pernah pergi berbelanja ketika Anda lapar atau ketika merasa lelah. Hal ini dapat membuat Anda cenderung mendambakan makanan yang banyak mengandung kalori. Jika Anda beristirahat dengan baik, Anda akan berada dalam kerangka pikiran yang lebih baik, yakni dengan membeli apa yang dibutuhkan dan menghindari junk food.

 

5. Menjaga otak tetap fokus



Kesehatan otak sangat penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup, dan istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik. Otak Anda benar-benar berfungsi secara berbeda tanpa tidur.

Para peneliti di Harvard Medical School melakukan scan otak terhadap orang-orang yang merasa sangat mengantuk di siang hari dan mengukur aktivitas otak mereka dalam menanggapi makanan berkalori tinggi. Scan mengungkapkan penurunan aktivasi di korteks prefrontal ventromedial, yakni daerah otak yang terlibat dengan penghambatan dan kontrol perilaku. 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event