IDWS.ID

Unik

Viral Bungkus IndoMie Edisi Hut RI Ke 55 Ditemukan Masih Utuh Di Laut

09 Apr 2019

IDWS, Selasa, 9 April 2019 - Foto sebuah bungkus Indomie jadul dari 19 tahun lalu, datang dengan membawa misi. Sang uploader dari akun Twitter @selfeeani, bukan cuma sekadar ingin nostalgia masa lalu saja tapi renungan kenapa bungkus plastik ini bisa tetap utuh terombang-ambing di lautan selama hampir dua dekade.

Kalau nasib semua bungkus Indomie di negeri ini kayak gitu, bisa bayangkan nggak berapa jumlah sampah Indomie yang belum menemui ‘ajal’-nya terombang-ambing mengotori laut atau teronggok di jalanan? Itu baru ngomongin satu merek doang, gimana coba bungkus-bungkus lainnya.

 

Bungkus IndoMie edisi HUT Indonesia ke-55 yang ditemukan di laut. (Kompas.com)

Bungkus Indomie jadul edisi ultah Indonesia 19 tahun lalu ini dikabarkan ditemukan di Sendang Biru, Malang. Kondisinya masih utuh, tidak terurai sedikit pun

Penemuan bungkus-bungkus jadul produk makanan, sampo, sabun, air mineral, dan lain sebagainya, sebenarnya bukan peristiwa langka. Apa yang membuat penemuan bungkus Indomie kemarin spesial dan viral, mungkin adalah pesan yang ingin disampaikan oleh penemunya. Fianisa Tiara Pradani, pemiliki akun @selfeeani, menemukan sampah plastik jadul itu ketika sedang meneliti sampel air dan sedimentasi di Sendang Biru, Malang, Jawa Timur, dikutip Kompas.

Karena menemukan banyak sampah di laut dan sekitar pantai, mahasiswi Studi Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB) ini malah jadi sekalian melakukan aksi bersih-bersih pantai. Salah satunya adalah sampah bungkus Indomie yang ditemukan dalam kondisi hampir tanpa cela, walaupun usianya sudah 19 tahun. Padahal menurutnya, kondisi sampah di Pantai Sendang Biru ini tidak separah pantai-pantai lainnya lo. Besar kemungkinan di tempat lain, mirisnya kita juga masih bisa menemukan sampah-sampah plastik lain yang lebih jadul dan historis…

Postingan Fia di atas langsung jadi viral hanya dalam waktu beberapa jam. Kebanyakan orang ikutan miris dengan betapa ‘sempurna’-nya penampakan sampah plastik dari 19 tahun lalu. Bukan cuma viral di kalangan netizen, postingan ini bahkan sampai di-retweet oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Bu Susi Pudjiastuti.

Mungkin semua orang juga sebenarnya tahu betapa sulitnya sampah plastik terurai, tapi ketika ada bukti nyata yang tak tebantahkan seperti itu, kita jelas tak lagi bisa pura-pura abai. Apalagi negeri kita ini merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di Indonesia lo. Memalukan sih, tapi itu fakta yang harus terus kita ingat.

 

(Stefanus/IDWS)


Artikel asli

Share    

IDWS Promo