IDWS.ID

Unik

 Breaking News

5 Hal Penyebab Menurunnya Konsentrasi Seseorang

16 Jun 2016

Kehilangan konsentrasi dapat membuat hari menjadi sangat menyebalkan, karena akan mengganggu kegiatan sehari hari, sehingga dapat merusak hubungan dengan lingkungan.

 

Seperti yang dilansir laman CNN Indonesia, banyak orang mengira sulit berkonsentrasi karena kekurangan asupan nutrisi pada otak. Ternyata beberapa hal dalam keseharian dapat menjadi pembunuh konsentrasi.

 

1. Media Sosial

Saat ini banyaknya media sosial memang memudahkan untuk mengetahui kabar terbaru dari teman-teman. Akan tetapi, media sosial juga merupakan hal yang dapat membunuh konsentrasi seseorang.

 

Menurut Lucy Jo Palladino selaku psikolog, semua unggahan atau status terbaru dari teman di media sosial dapat menghabiskan waktu seseorang dengan percuma. Mengamati banyaknya unggahan juga membuat otak terdistraksi dan memaksa berpikir untuk menunda-nunda pekerjaan.

 

Palladino menyarankan untuk tidak masuk ke media sosial ketika seseorang sedang bekerja. Pastikan Anda melakukannya saat beristirahat karena tidak akan mengganggu konsentrasi.

 

2. E-mail

Mengecek email setiap pagi untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan semestinya tentu menjadi sebuah kebiasaan para pekerja yang sibuk. Bahkan tidak jarang ada pekerja yang langsung membalas email yang terkadang bertubi-tubi.

 

Walaupun masih berkaitan dengan pekerjaan, membalas email secara terus-menerus sebenarnya menghabiskan waktu yang bisa digunakan untuk kemajuan dalam bekerja. 

 

Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menyediakan waktu khusus untuk menyisir email yang datang. Setelah itu email dapat dimatikan dan Anda bebas untuk berkonsentrasi.

 

3. Telepon

Telepon memang sangat memudahkan manusia. Tetapi karena tak ada lagi jarak dan waktu, kadang berimbas dari hilangnya kemampuan berkonsentrasi. Itu semua disebabkan karena sibuk menjawab telepon dan menghilangkan waktu untuk meningkatkan produktivitas.

 

Ada baiknya, gunakan kotak suara untuk panggil yang tidak terlalu mendesak. Bila sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh, sebaiknya gunakan mode senyap pada telepon. Gunakan waktu khusus untuk mengecek semua pesan dan telepon yang masuk.

 

4. Multitugas

Memiliki bakat untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan menjadi impian banyak perusahaan terhadap karyawannya. Tetapi penelitian mengatakan, bahwa seseorang akan kehilangan waktunya ketika beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Hasilnya, justru membutuhkan durasi yang lebih lama untuk mengerjakannya pekerjaan tersebut.

 

Buat prioritas dari pekerjaan-pekerjaan yang ada. Pastikan beri perhatian pada pekerjaan yang membutuhkan intensitas atau prioritas tinggi.

 

5. Obat-obatan

Diketahui beberapa obat-obatan membuat daya konsentrasi menurun. Pastikan Anda berkonsentrasi ke dokter untuk mengetahui dampak obat terhadap konsentrasi. Bila memang harus menggunakan obat penurun konsentrasi, pastikan takaran dosis masih dapat didiskusikan dengan pihak dokter.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th