IDWS.ID

Celebrity Snapshot

Video Kontroversi Anji dengan 'Profesor' Hadi Pranoto yang Klaim Temukan Obat COVID-19 Kini Hilang dari YouTube

03 Aug 2020

Musisi Anji sempat mengunggah video kontroversial ke kanal YouTube-nya "dunia MANJI" di mana ia berbincang dengan Hadi Pranoto — yang disebut sebagai profesor serta ahli mikrobiologi serta mengklaim telah menemukan obat antibodi COVID-19.

IDWS, Senin, 3 Agustus 2020 - Namun kini, video yang bertajuk "BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)" itu tidak bisa ditemukan. Video itu sendiri diunggah pada 31 Juli lalu.

Video tersebut jadi kontroversial selain karena klaim yang terasa tinggi, juga adanya keraguan dari pihak Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) akan klaim Hadi Pranoto soal obat COVID-19.

Wakil Ketua Umum PB IDI Slamet Budiarto mengatakan terdapat sejumlah tahap yang perlu dilalui untuk memperoleh obat COVID-19. Sejauh ini, penelitian masih dilakukan berbagai negara di dunia dan sulit bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

 

Anji (kanan) saat berbincang dengan "profesor" Hadi Pranoto dalam video kontroversial yang kini telah dihapus dari kanal YouTube-nya, dunia MANJI. (Sumber: Facebbok/Harry Sufehmi, screenshot via YouTube/dunia MANJI)

"Di dunia ini belum ada yang secara khusus untuk COVID-19. Adanya adalah obat pencegah radang, kemudian obat memperingan tapi belum menyembuhkan," kata Wakil Ketua Umum PB IDI Slamet Budiarto kepada CNNIndonesia.com pada, Minggu (2/8).

Pembuatan obat harus melewati sejumlah tahap pengujian sebelum diklaim berhasil. Dimulai dari uji toksisitas, uji klinis kepada hewan, uji klinis terbatas kepada manusia, sampai uji klinis massal.

Setelah melewati uji klinis, obat baru bisa dipakai. Namun itu pun hanya boleh dipakai secara terbatas, sebelum dipasarkan secara massal.

Slamet mengatakan pihaknya juga tidak mengetahui siapa Hadi Pranoto yang berbicara di akun Youtube Anji. Dia mengatakan Hadi tidak ada dalam data keanggotaan IDI. Sejauh ini yang pihaknya temukan adalah sosok dengan nama serupa, namun memiliki wajah berbeda.

"Setelah kita cek Hadi Pranoto ada tapi dokter bedah dan wajahnya berbeda. Kayaknya bukan. Beda orang. Saya kira harus kejar si Anji itu, itu siapa. Mikrobiologi, ya mikrobiologi di mana?" ujar Slamet.

 

Dicerca netizen

Selain PB ID, netizen Indonesia juga banyak yang meragukan klaim Hadi Pranoto mengenai dirinya menemukan obat COVID-19, bahkan ada juga beberapa netizen yang terang-terangan menyanggah setelah memaparkan kejanggalan yang mereka temukan dari sosok Hadi Pranoto itu.

 

Catatan dari percakapan antara Hadi Pranoto dan Anji, di mana sang "profesor" mengiyakan ketika Anji menanyakan apakah suhu 350 derajat (celcius) bisa melelehkan baja. Sekedar informasi, baja baru meleleh di suhu lebih dari 1.100 derajat Celcius menurut Wikipedia. (Sumber: Facebbok/Harry Sufehmi via YouTube/dunia MANJI)

 

Beberapa contoh antara lain seperti meragukan keabsahan Hadi Pranoto sebagai seorang profesor, mana jurnal ilmiahnya yang bisa valid dan bisa diverifikasi, mempertanyakan seluk beluk obat COVID-19 yang diklaim, hingga menanyakan asal-usul sang "profesor".

Bisa jadi karena menuai dislike yang sangat banyak dibandingkan jumlah like (22 ribu berbanding 8,5 ribu like), serta mungkin takut dianggap menyebar hoaks, kemungkinan besar Anji menghapus sendiri video tersebut dari kanal YouTube-nya.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo