IDWS.ID

Bola Internasional

Liga Champions Eropa Akan Kembali Pada Agustus 2020!

17 Jun 2020

Masa depan dari kompetisi sepakbola bergengsi Liga Champions Eropa musim ini yang terhenti di tengah jalan, sepertinya telah ditentukan oleh UEFA lewat sebuah turnamen mini 8 tim

IDWS, Rabu, 17 Juni 2020 - Setelah menggelar rapat eksekutif pada Rabu (17/6/2020) hari ini, UEFA mengumumkan bahwa Liga Champions Eropa akan dilanjutkan dalam format turnamen mini 8 tim dengan sistem gugur.

Turnamen mini 8 tim ini rencananya akan digelar nanti di Lisbon, Portugal, pada 12-23 Agustus. Sistem home-away juga ditiadakan — menjadi hanya 1 laga penentuan di mana tim yang kalah akan langsung gugur. Selain itu turnamen ini juga akan digelar tanpa penonton.

UEFA akan lebih dulu menggelar pertandingan-pertandingan sisa dari babak 16 besar yang belum terselesaikan sebelum kemudian turnamen mini 8 tim ini dijalankan.

 

Kenapa digelar di Portugal?

Final Liga Champions Eropa musim 2019/20 pada awalnya akan digelar di Istanbul, Turki. Namun pandemi COVID-19 merubah segalanya dan memaksa UEFA untuk mengubah format kompetisi serta memilih lokasi yang dianggap tepat untuk menyelenggarakannya karena Turki sudah tidak memungkinkan lagi.

 

Trofi Liga Champions Eropa. (UEFA)

Spanyol, Jerman, dan Rusia disebut-sebut menjadi negara kandidat diselenggarakannya turnamen mini Liga Champions ini, meski pada akhirnya Portugal-lah yang terpilih. Menurut laporan ESPN, lokasi menjadi salah satu faktor penentu dipilihnya ibukota Portugal tersebut karena mudah dijangkau oleh kedelapan tim peserta sekaligus banyak tersedia hotel dan berbagai fasilitas bagi para tim itu.

Selain itu Lisbon juga memiliki dua stadion kelas dunia yang lebih dari cukup untuk menggelar kompetisi level tertinggi — Estadio Jose Alvalade (Sporting Lisbon) dan Estadio da Luz (Benfica) yang juga akan menjadi venue laga final pada 23 Agustus nanti.

 

Estadio da Luz akan menjadi venue final turnamen mini Liga Champions musim ini

Cukup terkendalinya pandemi COVID-19 di negara yang berada di Semenanjung Iberia ini juga jadi salah satu pertimbangan.

Portugak sejauh ini hanya mencatatkan 37 ribu kasus pasien positif COVID-19 dengan hanya 1.520 kematian terkait virus corona jenis baru itu — disertai tren penurunan penyebaran wabah.

Primeira Liga — liga sepakbola teratas Portugal, telah dimulai pada 3 Juni lalu meski tanpa penonton. Berbagai larangan serta lockdown terkait COVID-19 juga telah atau akan dicabut pada bulan Juni ini, sedangkan penerbangan juga akan dimulai kembali pada 22 Juni nanti.

 

Lantas, apakah kedelapan tim itu akan menjalani karantina ketika masuk ke Portugal?

Dalam protokol kesehatan di Portugal untuk saat ini, seluruh pelancong dari luar negeri tetap harus menjalani masa karantina, tak terkecuali kedelapan peserta turnamen mini Liga Champions Eropa nantinya.

Kemungkinan setiap tim akan menempati hotel yang berjauhan dengan pemukiman padat penduduk sebagai wujud dari jaga jarak fisik maupun sosial.

Sejauh ini baru 4 tim yang akan langsung berlaga di perempat final karena mereka telah mencapai babak tersebut sebelum Liga Champions Eropa dihentikan kurang lebih tiga bulan lalu. Mereka adalah Atalanta (Italia), PSG (Prancis), Atletico Madrid (Spanyol), dan RB Leipzig (Jerman)

 

Laga Liga Champions antara Valencia dan Atalanta digelar tanpa penonton pada bulan Maret lalu. (Pool, via Agence France-Presse — Getty Images)

Jadwal turnamen mini Liga Champions nanti dapat dilihat di bawah ini, dikutip dari akun Twitter resmi Liga Champions Eropa:

7 Agustus (Babak 16 Besar)

  • Manchester City vs Real Madrid
  • Juventus vs Lyon

8 Agustus (Babak 16 Besar)

  • Chelsea vs Bayern Munich
  • Napoli vs Barcelona

12-15 Agustus

  • Perempat Final

18-19 Agustus

  • Semi Final

23 Agustus

  • Final

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo