IDWS.ID

Bola Internasional

Penggemar Manchester City Menghina Pemain Wanita Rekrutan Klub Karena Mengira Dia Pria dan Berasal Dari Asia

15 Aug 2019

IDWS, Kamis, 15 Agustus 2019 - Para penggemar dari klub kaya raya asal Inggris, Manchester City, salah mengira pemain wanita rekrutan anyar klub kesayangan mereka sebagai pria.

Pada Rabu (14/8/2019), Manchester City mengumumkan bahwa mereka merekrut penyerang berusia 25 tahun, Lee Geum-min yang bermain bagi timnas sepakbola wanita Korea Selatan. Pastinya ia diplot untuk memperkuat tim sepakbola wanita The Citizen.

 

 

Namun, perekrutan Lee dikira oleh para penggemar City sebagai perekrutan pemain pria, dan parahnya Lee dikira dibeli sebagai pengganti karena tim gagal mendapatkan pemain Portugal, Joao Cancelo. Mereka bahkan menyebut Lee sebagai pemain yang direkrut hanya untuk meningkatkan brand City di Asia dan akan dipinjamkan ke klub lain hingga terlupakan.

 

 

Pembelian Cancelo diumumkan belakangan, pada hari yang sama.

John Duerden, seorang jurnalis olahraga untuk wilayah Asia, menggaris bawahi bagaimana para penggemar City bisa salah mengira perekrutan Lee sebagai pembelian untuk tim pria.

Dalam bidang psikologi, terdapat kecenderungan untuk memanggil orang-orang dari ras lain sebagai "mirip satu dengan yang lain" dan dalam psikologi hal itu disebut dengan "Cross-Race Effect" atau CRE.

Kecenderungan tersebut disebutkan terjadi ketika seseorang menghabiskan waktu jauh lebih banyak dengan orang-orang yang satu ras dengannya dibandingkan dengan ras lain sehingga menimbulkan "keahlian perseptual."

Logika itu juga sama dengan stereotip bahwa semua orang Asia itu mirip-mirip.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: NextShark

Share    

IDWS Promo