IDWS.ID

Bola Internasional

Barcelona dan Ajax Lolos ke Semifinal Liga Champions Eropa

17 Apr 2019

Akhir mimpi Juve dan Manchester United

IDWS, Rabu, 17 April 2019 - Dua laga perempat final Liga Champions Eropa musim 2018/19 hari Rabu (17/4) dini hari tadi menyuguhkan dua hasil berbeda. Satu partai mengejutkan banyak orang, sedangkan satunya lagi sesuai dengan prediksi.

Adalah pasukan muda Ajax Amsterdam yang memberi kejutan kali ini. Klub asal Belanda ini patut diberi titel "pembunuh raksasa" setelah sebelumnya menyingkirkan Real Madrid dan kini raksasa Italia, Juventus. Hebatnya mereka sama-sama memecundangi dua klub tersohor itu di kandang mereka masing-masing.

Di saat yang sama, Barcelona memenuhi ekspektasi para pengamat dan penggemar dengan kemenangan telak di Camp Nou. Kali ini, tidak ada lagi keajaiban Ole seperti yang ditunjukkan skuad Setan Merah saat bertandang ke Paris.

 

Juventus (2) 1-2 (3) Ajax

Pada babak pertama tandukan keras Ronaldo seolah semakin memuluskan langkahnya meraih titel Liga Champions keenam dalam karirnya, sayangnya satu gol masing-masing dari Donny van de Beek dan Matthjis de Ligt memupuskan harapan Ronaldo.

 

Ajax melakukan selebrasi kemenangan atas Juventus di Juventus Arena, Turin, Italia, hari Rabu (17/4) WIB. (Foto: AP)

Ajax, penyandang empat gelar juara Liga Champions Eropa, lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-2.

Juve unggul lebih dulu saat tandukan keras Ronaldo yang menyambut sepakan pojok membuat bola masuk ke gawang Ajax. Gol ini merupakan gol ke-126 CR7 di Liga Champions Eropa.

Euforia Juventus tidak berlangsung lama, enam menit kemudian kecerobohan seorang pemain Juve membuat Van de Beek lolos dari jebakan offside dan dengan tenang melesakkan bola ke gawang Juve. Skor 1-1 berakhir sampai turun minum.

Adalah sundulan kapten De Ligt memanfaatkan sepak pojok di menit ke-67 yang mengantarkan pasukan muda Ajax sekali lagi membuktikan diri sebagai "pembunuh para raksasa."

Dengan kekalahan tersebut, Liga Champions tahun ini merupakan pertama kalinya Ronaldo gagal mencapai semifinal.

 

 

Ajax akan berhadapan melawan Tottenham Hotspur atau Manchester City di semifinal.

 

Barcelona (4) 3-0 (0) Manchester United

Kembalinya mantan pahlawan Manchester United di final Liga Champions 1999, Ole Gunnar Solskjaer ke Old Trafford sempat memberi harapan bagi pendukung Setan Merah setelah Ole sanggup memberi keajaiban lolos dari hadangan Paris Saint-Germain. Akan tetapi lawannya kali ini adalah Barcelona, tim dengan mental juara kuat dan pastinya masih dibela oleh Lionel Messi.

 

Lionel Messi nyaris memperoleh hat-trick ketika tendangan bicycle kick-nya melebar dari gawang David de Gea. (Foto: AP)

Marcus Rashford sempat mengancam Barca saat tendangannya menyerempet tiang atas gawang saat laga baru berlangsung 32 detik.

Menit ke-16, Ashley Young kehilangan bola di sisi kiri pertahanan Setan Merah, yang mana bola langsung diambil oleh Messi. Penyerang asal Argentina itu kemudian menggiring bola ke dalam sembari melewati dua bek MU sebelum kemudian melesakkan tendangan datang melengkung yang tak sanggup ditahan kiper David de Gea.

Empat menit kemudian, tendangan pelan Messi dari luar kotak pinalti menyelip ke bawah tubuh De Gea dan memperjauh keunggulan tuan rumah menjadi 2-0.

Messi nyaris meraih hat-trick pada menit ke-64, sayang tendangan bicycle kick-nya melebar.

Tendangan melengkung jarak jauh dari luar kotak pinalti Philippe Coutinho menyudahi perlawanan Setan Merah.

 

 

Barcelona akan berhadapan dengan Liverpool atau FC Porto di semifinal.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: UEFA

Share    

IDWS Promo