IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

Genichi Mitsuhashi, Pria Jepang Pertama Bergelar Master Dalam Jurusan Studi 'Ninja' di Universitas Mie

15 Oct 2020

Jepang memproduksi lulusan universitas jurusan studi "ninja" pertamanya, yakni seorang pria 45 tahun bernama Genichi Mitsuhashi.

IDWS, Kamis, 15 Oktober 2020 - Universitas Mie yang berlokasi di Iga, Jepang, telah mendirikan pusat penelitian pertama di dunia yang meneliti ninja pada 2017 silam dan mulai meluncurkan jurusan ninja pada tahun 2018. Iga sendiri, yang dikelilingi oleh pegunungan, dikenal sebagai tempat yang dulu dihuni oleh para ninja hingga muncul istilah "Ninja Iga".

Dalam jurusan studi ninja tersebut, mahasiswa menjalani tes pada sejarah Jepang serta mempelajari dokumen-dokumen sejarah terkait ninja, bahkan teknik-teknik yang dikuasai para ninja. Kurang lebih 3 mahasiswa mengambil jurusan ini setiap tahunnya sejak 2018, menurut Yuji Yamada, profesor sejarah Jepang di Universitas Mie yang juga bertanggung jawab atas pusat penelitian ninja tersebut, seperti dilansir dari The Japan Times.

"Kami mendapat banyak sekali pertanyaan dari luar negeri, namun saya tegaskan satu hal: Di sini adalah jurusan mempelajari ninja, bukan untuk menjadi ninja," tegas Yuji Yamada.

 

Genichi Mitsuhashi tengah memotong kayu di Iga, prefektur Mie, pada 21 Juni 2020. (Foto: Genichi Mitsuhashi//AFP-JIJI)

Genichi Mitsuhashi disebut telah meraih gelar master jurusan ninja ini di Universitas Mie. Tak hanya mempelajari ninja, Mitsuhashi juga seperti terobsesi akan ninja hingga berlatih agar menjadi seperti ninja dengan sungguh-sungguh.

"Saya membaca bahwa ninja bekerja sebagai petani di pagi hari dan berlatih martial art (semacam bela diri) pada sore hari," tutur Mitsuhashi .

Mitsuhashi pun mulai bercocok tanam sayuran sekaligus berlatih teknik-teknik martial art disamping belajar mengenai sejarah ninja.

"Dengan kombinasi ini, saya rasa saya bisa mempelajari mengenai ninja yang sebenarnya," tambahnya. Ia juga menuturkan bahwa selain ahli dalam menyusup secara diam-diam, ninja juga memiliki "keahlian bertahan hidup yang komprehensif".

Setelah meraih gelar master, Mitsuhashi yang juga pernah mempelajari Kung Fu dan Shorinji Kempo kini mengajar teknik-teknik ninja di dojonya sendiri sembari mengejar gelar Ph.D., untuk jurusan studi ninja.

Yuji Yamada sendiri kaget melihat antusiasme Genichi Mitsuhashi akan studinya.

"Saya tidak menyangka ia begitu mendalami hingga sejauh ini," aku Yamada.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo