IDWS.ID

Berita Internasional

Misteri 57 Pelaut yang Secara Misterius Terinfeksi COVID-19 di Tengah Laut Tanpa Kontak Dengan Daratan Selama 35 Hari

14 Jul 2020

Argentina kini tengah menyelidiki misteri 57 pelaut yang terinfeksi virus corona baru COVID-19 setelah berlayar 35 hari lamanya di tengah lautan, meski saat berangkat hasil tes mereka semua dinyatakan negatif.

IDWS, Selasa, 14 Juli 2020 - Kapal pencari ikan Echizen Maru kembali ke pelabuhan di Argentina setelah para krunya menunjukkan gejala-gejala dari penyakit COVID-19, menurut pejabat kesehatan provinsi Tierra del Fuego, Argentina, pada hari Senin (13/7/2020) kemarin, menurut laporan Dailymail.

 

Kapal Echizen Maru yang kini berlabuh di pelabuhan di Argentina.

Menurut mereka, 57 pelaut dari total 61 kru kapal didiagnosis positif terinfeksi COVID-19. Meski begitu seluruh kru tetap menjalani masa karantina 14 hari di sebuah hotel di kota Ushuaia. Pejabat kesehatan tersebut menekankan bahwa sebelum berangkat, mereka semua sudah dipastikan negatif COVID-19.

 

Argentina mencatatkan lebih dari 100 ribu kasus infeksi COVID-19 dengan 1.859 kematian.

Hasil tes setelah mereka kembali ke pelabuhan menunjukkan baru 2 orang saja yang dipastikan negatif, sedangkan 2 orang lagi masih menunggu hasil tes. Sedangkan 2 orang pelaut dirawat di rumah sakit setempat karena kondisinya yang cukup parah.

"Sulit untuk menentukan bagaimana para kru kapal itu bisa terinfeksi COVID-19, mengingat mereka berada di lautan selama 35 hari tanpa kontak sama sekali dengan daratan," kata Alejandra Alfaro, direktur dari Pusat Kesehatan Tierra del Fuego.

Sebuah tim telah ditugaskan untuk memeriksa kronologi munculnya gejala-gejala COVID-19 pada kru Echizen Maru untuk memastikan asal muasal para kru bisa terinfeksi.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo