IDWS.ID

Berita Internasional

Pasien COVID-19 Meninggal Setelah Keluarga Mematikan Ventilator Untuk Nyalakan AC Ruangan

20 Jun 2020

Malang nian nasib seorang pria pasien COVID-19 di India. Ia dilaporkan meninggal setelah anggota keluarganya ceroboh mematikan ventilator pernafasannya untuk menghidupkan pendingin ruangan (AC)

IDWS, Sabtu, 20 Juni 2020 - Pria yang tak disebutkan identitasnya tersebut saat itu tengah dirawat di ruang intensif di rumah sakit di Rajasthan, kawasan utara dari India. Menurut keterengan media setempat, salah satu anggota keluarga pria itu awalnya mengunjingnya pada Senin (15/6/2020) malam waktu setempat.

Melansir Daily Star pada Kamis (18/6/2020), anggota keluarga si pasien yang menjenguknya itu merasa kepanasan, lalu mencabut kabel listrik dari ventilator yang dipakai untuk membantu pernafasan si pasien sehingga anggota keluarganya itu bisa mencolokkan kabel AC ruangan.

Sekedar informasi, ventilator digunakan pada pasien COVID-19 yang kondisinya sudah tergolong parah, dan berfungsi menyalurkan oksigen ke paru-paru pasien dengan kondisi seperti itu karena kesulitan bernafas.

 

(Twitter/@AnantBhan)

Tanpa aliran listrik, baterai ventilator si pasien COVID-19 itu pun kehabisan tenaga membuat kondisi si pasien memburuk dengan cepat.

Pihak keluarga sempat memberitahukan dokter akan kondisi pria malang itu, di mana dokter sempat memberi bantuan CPR, namun sayang nyawanya sudah tak tertolong lagi.

Keluarga si pasien COVID-19 tersebut disebut sempat melecehkan staf rumah sakit hingga insiden itu diunggah oleh peneliti setempat, Anant Bhan, di Twitter.

Sementara untuk keseluruhan, India melaporkan 367.000 kasus, tertinggi keempat di dunia, dengan angka kematian mencapai 12.237. Pada 24 Maret, Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan lockdown total terhadap 1,3 miliar penduduknya sebelum kemudian dilonggarkan beberapa pekan terakhir.

Sejak dilonggarkan, kasus wabah kembali naik di Negeri "Bollywood", di mana yang paling parah terdampak di Delhi serta Mumbai. Terdapat sejumlah laporan orang sakit meninggal karena ditolak rumah sakit, atau bahkan ada jenazah yang ditemukan di toilet.

 

(Stefanus/IDWS)

Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo