IDWS.ID

Berita Internasional

Donald Trump Umumkan Amerika Serikat Putus Hubungan dengan WHO

30 May 2020

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa negaranya mengakhiri semua hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

IDWS, Sabtu, 30 Mei 2020 - Pernyataan tersebut dilontarkan Trump dalam sebuah konferensi pers di Rose Garden di Gedung Putih pada Sabtu (30/5/2020). Menurutnya, keputusan tersebut diambil karena WHo sebagai organisasi kesehatan dunia telah gagal mengantisipasi dan menanggulangi virus corona COVID-19 serta keterkaitannya dengan China.

 

pic.twitter.com/mljmx2o0G7 — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) May 29, 2020

 

Trump mengklaim bahwa "China memiliki kendali penuh" atas WHO dan mengancam akan memberi sanksi bagi China atas tindakannya menekan Hong Kong. Selain itu ia juga menye

"China memiliki kendali penuh atas Organisasi Kesehatan Dunia meskipun hanya membayar US$40 juta per tahun, dibandingkan dengan apa yang telah dibayar Amerika Serikat yaitu sekitar US$450 juta per tahun," kata Trump seperti dilansir dari video konferensi pers yang diposting di akun Twitter @realDonaldTrump.

 

Presiden AS, Donald Trump saat menyatakan AS memutus hubungan dengan WHO di Gedung Putih, Sabtu, 30 Mei 2020. (Screenshot via YouTube/USAToday)

"Hari ini kami memutus hubungan kami dengan World Health Organization dan mengarahkan dana [sumbangan ke WHO] ke kebutuhan-kebutuhan mendesak akan kesehatan publik global di seluruh dunia," tambah eks pengusaha properti itu.

Amerika Serikat adalah sponsor terbesar bagi WHO dan sering kali ikut serta secara sukarela dalam berbagai program organisasi PBB tersebut. Sebelumnya, Trump hanya menyatakan akan menghentikan pendanaan AS ke WHO, namun kini akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri segala bentuk hubungan dengan WHO secara tegas.

Akankah pernyataan Trump ini akan semakin membuat situasi global bergejolak? Semoga saja tidak.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo