IDWS.ID

Berita Internasional

Supermarket di Vietnam Mulai Gunakan Daun Pisang Untuk Gantikan Kantong Plastik

08 Apr 2019

IDWS, Senin, 8 April 2019 - Supermarket di Vietnam punya alternatif untuk meminimalisasi penggunaan plastik yang dapat merusak lingkungan.

Tiga supermarket terbesar di Vietnam, yaitu Lotte Mart dan Saigon Co di Ho Chi Minh serta Big C di Hanoi mulai menggunakan daun pisang sebagai pengganti plastik, untuk membungkus sayuran.

 

(Foto: Lotte Mart Vietnam / Facebook)

Perusahaan akan memperluas penggunaan daun pisang ke seluruh jaringan mereka, setelah masa percobaan di dua kota besar tersebut.

Dilaporkan Vnexpress, Rabu (3/4/2019), konsumen di tiga supermarket tersebut dikejutkan ketika melihat daun bawang dan sayuran lainnya dibungkus menggunakan daun pisang.

 

(Foto: Lotte Mart Vietnam / Facebook)

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengalihkan penggunaan plastik ke bahan ramah lingkungan. Tidak hanya sayuran, nantinya daun pisang juga digunakan untuk membungkus daging.

Selain daun pisang, Lotte Mart Kota Ho Chi Minh juga menjual sedotan dari kertas serta kotak makanan terbuat dari limbah tebu. Sementara telur dijual dalam paket terbuat dari kertas.

 

(Foto: Lotte Mart Vietnam / Facebook)

Sementara itu Big C menawarkan pembeli dengan pembungkus biodegradable yang dibuat dari olahan jagung.

Angka resmi menyebut, Vietnam menghasilkan sekitar 2.500 ton sampah plastik per hari. Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) menempatkan Vietnam di urutan keempat secara global untuk jumlah sampah plastik yang dibuang ke laut.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: INews

Share    

IDWS Promo