IDWS.ID

Computer

Canggih, Hacker Bisa Curi Data Dari Cahaya Monitor Perangkat Targetnya!

10 Feb 2020

IDWS, Senin, 10 Februari 2020 - Hacker atau Cracker adalah mereka yang ahli dalam meretas perangkat elektronik serta mencuri data milik orang lain di dalamnya, dikenal sebagai sosok misterius. Tak sedikit yang memuja, namun banyak juga yang mencela. Kebanyakan dari kalian mungkin tidak paham bagaimana para hacker atau cracker ini mampu menjebol laptop atau smartphone seseorang hingga mampu mencuri rahasia-rahasia di dalamnya.

 

(Hacker News)

Kali ini ada lagi cara hacking yang lain daripada yang lain dan mungkin belum kalian dengar — lewat brightness (tingkat keterangan cahaya) layar monitor. Kok bisa?

Melansir dari Hacker News, para peneliti keamanan siber (cybersecurity) di Universitas Ben Gurion di Israel tengah mengembangkan sebuah cara ajaib untuk mencuri data dari tingkat brightness layar monitor dari perangkat milik target mereka.

Dengan membuat perangkat target terinfeksi oleh suatu malware khusus, perangkat itu nantinya akan mengubah tingkat keterangan cahaya layar dengan sangat tipis hingga tak terdeteksi oleh mata telanjang — namun bisa dideteksi oleh kamera khusus. Dengan merekam dan "mengurai" tingkat brightness dari layar monitor perangkat target, hacker bisa memperoleh informasi-informasi yang ada dalam perangkat itu seolah seperti sihir.

 

 

Fungsi dari mengubah tingkat brightness dari layar monitor itu bisa dianalogikan seperti menggunakan kode morse dengan lampu senter, di mana tingkat brightness tertentu melambangkan suatu huruf, angka, atau simbol tertentu. Hanya saja dalam kasus ini, lampu senter diganti dengan layar monitor target sang hacker!

Untungnya saja trik ini tidaklah semudah itu dijalankan. Sang cracker harus lebih dulu berhasil menanamkan malware khusus ke dalam perangkat yang ia sasar — baik lewat internet maupun secara langsung dengan menancapkan USB flash disk. Belum lagi memasang kamera tersembunyi yang menghadap ke layar monitor itu, atau harus meng-hack kamera CCTV di mana perangkat itu berada, repot!

Jadi jangan khawatir dulu bahwa para hacker bisa mengambil data-data kalian secara ajaib, selalu ada logika di balik aksi-aksi mereka. Yang jelas, mereka bisa menembus sistem keamanan perangkat kita mayoritas karena keteledoran kita sendiri, seperti meng-install aplikasi yang tak jelas asalnya. Lebih berhati-hati dan sadar akan bahaya siber ya guys!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Hacker News

Gambar fitur: Pixabay

Share    

IDWS Promo